Sahabat merupakan seseorang yang sangat istimewa untuk berbagi hidup denganmu. Saat gembira, sahabat ada di sampingmu. Saat kamu terluka, sahabat yang selalu menemani dan mendukungmu. Saat kamu bimbang, sahabat yang selalu mengarahkan kamu ke jalan yang benar.

Tapi pernah gak kamu alami ketika kamu bersahabat dengan temanmu dan kalian berbeda keyakinan atau agama. Semua berjalan lancar pada awal persahabatan kalian. Namun berjalannya waktu, pasti kalian menemui masalah atau berbeda pendapat dengan sahabatmu. Nah pasti pernah tuh terpikir di benak kalian apakah salah memilih sahabat dengan beda keyakinan??

Mari kita simak pernyataan dibawah ini supaya kamu dapat menjawab pertanyaanmu sendiri :

 

1. KEYAKINAN BANDING KEPERCAYAAN

Keyakinan dalam beragama merupakan dasar yang paling penting untuk semua orang dalam memilih tujuan hidup dan langkah yang dia pilih. Namun dalam hubungan persahabatan kalian, seharusnya bukan agama yang menjadi penghalang dalam persahabatan kalian. Coba deh pilih mana, sahabat yang agamanya sama dengan kamu tapi ternyata tidak bisa dipercaya atau kamu tidak memilih apapun agama dari sahabat itu yang penting dia bisa kamu percayai. Mungkin pernyataan itulah yang dapat menjadi acuan kamu semua.

Kepercayaan merupakan hal yang sangat diperlukan dalam persahabatan. Tidak ada yang lebih indah kecuali memiliki seorang sahabat yang dapat dipercaya ketika ia mengetahui baik buruknya diri kita sendiri. Jadi mulailah untuk menerima semua orang untuk dapat bersahabat denganmu baik mereka berbeda agama ataupun beragama sama denganmu.

2. KEYAKINAN BANDING KEBERADAAN

Ketika kamu sedih dikecewain pacar kamu, atau kamu sedih karena problem rumah tanggamu yang berantakan, apa yang lebih menyenangkan daripada keberadaan sahabat untuk menghibur kamu. Keberadaan sahabat disini pasti merupakan hal yang ditunggu-tunggu olehmu karena kamu bisa mencurahkan segala isi hatimu kepada dia. Ketika kamu terpuruk, kamu bahkan bisa bercerita atau ngomel sendiri kepada sahabatmu. Disitulah titik dimana kamu dapat lega dan tidak memendam perasaan terpuruk lagi.

Peran sahabat disini sangat penting. Saya percaya, dibanding kamu memilih “agama” yang diyakini sahabat kamu, lebih baik kamu memilih “apakah dia bersedia untuk saling selalu ada disaat moment-moment penting dalam hidupmu”. Saya rasa kamu harus pertimbangkan tentang itu. Apakah dalam bersahabat harus membandingkan agama yang sahabat kamu miliki?

3. KEYAKINAN BANDING PENGORBANAN

Sahabat selalu dilihat melalui pengorbanan yang dimiliki. Pengorbanan yang tinggi harus ada di dalam persahabatanmu. Kenapa? Karena tanpa kamu mau berkorban, persahabatan kalian hanya akan cenderung saling egois. Tidak ada saling support dan hanya akan mementingkan diri sendiri karena merasa “saya sendiri sudah cukup”. Nah jadi saling berkorban sangat diperlukan dalam persahabatanmu.
Saya memiliki sahabat dengan beda keyakinan. Namun itu tidak menjadi penghalang untuk kami karena kami sudah sepakat untuk “saling”. Saling berkorban, saling support, saling mendengar, saling membantu dan lainnya.

Mengapa agama tidak menjadi penghalang untuk kami? Jawabannya sebenarnya simple, karena buat kami bukan agamalah yang harus dijunjung dalam persahabatan kami, tetapi jiwa sosiallah yang harus dijunjung dalam persahabatan kami. Seperti semboyan Negara kita, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya “Berbeda Tetapi Tetap Satu”. Jadi walaupun kita berbeda-beda agama, dalam persahabatan kita harus tetap menjadi satu. Tidak saling mementingkan diri sendiri tetapi saling belajar untuk memahami satu dengan yang lainnya.

4. MENERIMA TANPA SYARAT

Hal yang terakhir yang menurut saya perlu kamu miliki dalam hidupmu yaitu karakter yang baik untuk menerima semua orang tanpa syarat. Terlebih menerima sahabat-sahabatmu dengan tanpa syarat. Baik buruknya kamu pun harus menerima mereka. Karena di dunia ini tidak ada manusia yang sempurna. Semua masih belajar untuk menjadi sempurna. Jadi menerima tanpa syarat kita perlukan untuk kehidupan kita masing-masing.

Persahabatan merupakan hal yang istimewa dalam hidupmu dan saya. Jadi ketika kamu menghadapi masalah dengan sahabatmu, hadapilah dengan hati yang lapang dan jangan dengan keegoisan masing-masing. Berbeda keyakinan jangan menjadi penghalang untuk persahabatan kalian. Tetapi jadikanlah perbedaan kalian menjadi hal yang indah dalam persahabatanmu dan dia.

Share dan like ya kalau kamu merasa apa yang saya uraikan diatas sangat bermanfaat untuk kalian.


banner rumah curhat