5 Tips Untuk Meningkatkan Memori Saat Belajar

by Rumah Curhat | 17/12/2018 | Life Tips, Life Tips

5 Tips Untuk Meningkatkan Memori Saat Belajar

Masa-masa ujian memang masa-masa paling bikin stres, bener ngga sih?
Apalagi dengan buku yang begitu banyak, belum lagi hafalan yang bisa bikin kepala kita pusing tujuh keliling. Stres dengan tekanannya, tapi juga mau dapet nilai yang bagusl. Duh, rasanya kalau ada doraemon, kita mau deh minta alat biar kita bisa mengingat semua pelajaran dan hafalan yang ada di buku yang tebal itu.

Nahh, jangan putus asa dulu! Jangan buru-buru sedih karena pusing ngeliat tumpukan buku. Ternyata ada beberapa tips yang bisa kami bagikan buat kamu, terlebih buat kamu yang harus menghafal banyak, dan sedang akan menghadapi ujian. Kami akan membagikan 5 tips untuk meningkatkan memori saat belajar.

  1. Berbicara yang keras
    Nah maksudnya tuh gini, kamu ternyata perlu loh untuk membaca dengan keras apa yang kamu baca. Jadi jangan cuma baca di dalam hati ya (biasanya saking seriusnya baca dalam hati malah jadi ngantuk #eh), karena ternyata punya efek yang signifikan ketika kamu juga mendengar apa yang kamu baca. Bahkan hal ini adalah salah satu hasil dari penelitian yang telah dilakukan loh.
  1. Ajari orang lain tentang materi yang sudah kamu hafalkan
    Ini juga termasuk strategi yang baik kalo kamu sudah mengerti dan paham betul tentang topik yang kamu pelajari. Kalau kata Albert Einstein, kamu dikatakan sudah paham betul tentang sesuatu kalau kamu bisa menjelaskan hal tersebut ke orang lain dengan mudah. Jadi kami rekomendasikan betul cara belajar yang satu ini ya!
  1. Istirahat
    Banyak orang merasa bahwa apabila mereka belajar terus menerus, mereka akan mengerti dengan cepat apa yang mereka coba pelajari, padahal itu salah loh. Ternyata otak kamu juga butuh istirahat, makanya kami ga rekomendasikan banget kalau kamu belajar dalam satu malam dan berharap langsung mengerti. SKS ya namanya? Sistem Kebut Semalam! Ini big no banget, karena ternyata ketika kita mengistirahatkan otak kita selama 30-60 menit saja, kita bisa loh dengan lebih baik mengerti apa yang kita baca berikutnya.
  1. Latihan!
    Mungkin kamu berpikir latihan soal hanya bisa digunakan kalau pelajarannya bukan hafalan, ternyata ga juga sih, kamu bisa belajar dari soal-soal terdahulu yang mungkin pernah kamu jawab di tes-tes sebelumnya. Kamu juga bisa, misalnya dalam ujian nasional, kamu belajar dari ujian tahun sebelumnya. Hal ini juga cukup ampuh loh!
  1. Belajar di dalam kelompok
    Mungkin kamu termasuk orang yang lebih memilih untuk bekerja sendiri, itu bukan masalah. Tapi ternyata belajar di dalam kelompok bisa membantu kamu mengingat dengan lebih baik loh, contohnya dengan mendengarkan, kamu bisa mengerti teknik-teknik yang digunakan oleh teman kamu dalam belajar. Mungkin saja kamu jadi belajar hal baru dari mereka yang kamu tidak baca di dalam buku, siapa tau hal itu malah penting dan bisa membuat nilai kamu bagus. Ya kan?

Nah, itu dia 5 tips untuk meningkatkan memori saat belajar. Gimana? Cukup membantu bukan?
Oh ya sebagai tambahan, kamu juga bisa menggunakan parfum. Iya parfum! Nah, pasti kamu bingung sama saran yang satu ini ya #hehehehe. Kenapa menggunakan parfum? Karena menurut penelitianmembuktikan hal ini membantu memori kamu loh, jadi kamu akan mengingat memori yang sama karena dipancing oleh bau dari parfum itu. Aneh ya? Tapi ga ada salahnya dicoba kan?  Jadi saat kamu belajar, coba deh menggunakan parfum. Nah saat ujian, coba gunakan parfum yang sama.

Hayo, setelah membaca 5 tips untuk meningkatkan memori saat belajar, kamu tertarik untuk mencobanya ga?
Siapa tau bisa membantu kamu loh! Nanti kalau sudah mencoba dan mendapatkan hasilnya, kasih tau kami yah apakah membantu kamu atau tidak!

Selanjutnya: Cara Ampuh Membunuh Rasa Malas

” Ada 3 Tipe Pembelajar SKS di Dunia Ini: 
Sistem Kebut Sebulan, Sistem Kebut Semalam, Sistem Kebut Subuh,
kalau kamu tipe yang mana?”

Related Post