Masih Hobi Ngeluh? Berubah Yuk!

by Rumah Curhat | 31/12/2018 | Life Tips, Life Tips

Masih Hobi Ngeluh? Berubah Yuk!

Aku tu maunya gini …Trus gitu … and bla bla bla ….
Pernah denger kalimat itu? Atau pernah ketemu orangnya yang seperti itu ga?
Hobinya ngeluh setiap hari bahkan sepanjang waktu
Sampai kita berpikir apakah segitu buruknya kehidupan orang tersebut sehingga rasanya ga ada yang bisa disyukuri dari hidupnya? (Atau jangan-jangan kamu yang seperti itu #ups). Ya, kalaupun kamu termasuk orang yang masih hobi ngeluh, berubah yuk! Besok udah tahun baru, udah saatnya menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebenarnya, keluhan atau komplain itu muncul akibat dari kenyataan yang ga sesuai dengan ekspetasi, sederhananya sih  kenyataan ga sama ama harapan. Namanya juga hidup, ngga selalu berjalan mulus, pasti ada gelombang-gelombang kecil ataupun besar yang menghampiri.

Nah, sekarang kalau kamu diperhadapakan pada realita yang ga sesuai dengan apa yang kamu pikirkan atau harapkan, apa itu jadi alasan untuk saya dan kamu ngeluh?

Contoh simpelnya nih, kamu abis kuliah atau kerja. Rasanya  mau cepet sampai rumah dan langsung ingin istirahat karena lelah. Tapi, di dalam perjalanan tiba-tiba hujan lebat sementara kamu ngga bawa payung. Kira-kira reaksimu seperti apa? Ngeluh karena hujan atau ya belajar mengucap syukur? Lagian ya, emank dengan ngeluh hujannya langsung berhenti? Enggak kan? Jadi, ngapain habisin energi untuk ngeluh?

SelanjutnyaHarapan itu …

Jujur deh, emank kamu seneng deket dengan orang yang hobinya ngeluh terus? Ga kan? Hujan salah, panas salah, ada tugas salah, ga ada tugas juga malah bingung mau ngapain, ya intinya semua dianggap serba salah dan ujung-ujungnya ngeluh dan komplain. Bisa bayangin gimana Tuhan dengerin keluhan kita setiap hari?

Tahu ga sih, saat kita membiarkan diri kita menjadi si pngeluh, di saat bersamaan kita kehilangan kesempatan melihat kebaikan Tuhan. Kenapa? Karena kita hanya terfokus dengan hal yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan. Jadi mau di depan kita ada kado indah seolah menjadi tak terlihat karena ya fokusnya ke hal yang tidak disukai tadi. Saat kamu menjadi si hobi ngeluh, disaat yang bersamaan kamu akan kehilangan kesempatan untuk melihat kebaikan Tuhan dan orang-orang disekitarmu. Banyak kesempatan akhirnya terlewatkan karena kamu terlalu fokus pada hal keluhanmu.

“Tahun Aja Berganti, Masak Kebiasaan Burukmu Tetap?
Yuk Bikin Resolusi Menjadi Lebih Baik Tahun Depan!” 

Related Post