5 Pertanyaan Untuk Mengawali Awal Tahunmu!

by Rumah Curhat | 01/01/2019 | Life Tips, Life Tips

5 Pertanyaan Untuk Mengawali Awal Tahunmu!

Ga kerasa kita telah memasuki tahun yang baru, tahun 2019!
Biasanya, di awal tahun kita seneng banget yang namanya membuat resolusi awal tahun. Nah, untuk mengawali tahun yang baru ini, rumah curhat punya 5 pertanyaan untuk mengawali awal tahunmu.

  1. Apakah tujuan saya di tahun 2018 telah tercapai semuanya? 
    Apakah saya sudah bekerja keras, disiplin untuk mencapai tujuan saya di tahun 2018 atau justru sebaliknya? Kalau masih ada yang belum tercapai, coba ambil waktu untuk merenungkan apa penyebabnya dan apakah itu masih penting? Jika masih penting, kenapa ngga kamu masukkan aja dalam resolusimu tahun ini?

  2. Apakah saya telah mengelola keuangan dengan bijak di tahun sebelumnya?
    Hayooo jujur….., gimana cara kamu mengelola keuanganmu tahun lalu? Apa masih kacau atau sudah baik? Kalau masih belum tertata dengan baik alias masih banyak borosnya, yuks awali tahun ini dengan membuat catatan yang lebih rapi dan mulai mengelompokkan mana pengeluaran yang penting dan mana yang tidak penting atau dapat dikurangin.

  3. Apakah pelajaran yang dapat saya ambil dari pengalaman terberat di tahun sebelumnya?
    Saya tidak mau tinggal dalam pengalaman buruk masa lalu. Apakah saya belajar dan menjadi kuat serta bijaksama dari pengalaman itu? Atau, saya masih terus terjebak dalam masa-masa yang berat itu? Yuks, saatnya move on!

  4. Apakah saya berkembang sebagai pasangan, teman, karyawan, pemimpin, guru, dan calon orang tua / orang tua?
    Apakah saya sudah memberikan yang terbaik dalam seluruh aspek kehidupan saya dan sebagai hasilnya, saya melihat banyak perkembangan dalam berbagai aspek kehidupan saya.

  5. Apakah saya menghargai persahabatan dan hubungan dengan teman saya?
    Apakah saya berhubungan dengan mereka setiap hari, setiap minggu atau setiap bulan, meskipun hanya untuk sekedar bertanya “apa kabar?”

Ada baiknya untuk kamu menjawab 5 pertanyaan itu dengan jujur sebelum membuat resolusi atau tujuan yang hendak kamu capai di tahun ini. Kalau ada yang belum tercapai di tahun sebelumnya, engga ada salahnya kok memasukkannya kembali dalam wishlist-mu tapi dengan mencari tahu kenapa tujuanmu di tahun sebelumnya itu belum tercapai. Buatlah daftar tujuan yang realistis. Oh ya, jangan jadikan membuat resolusimu / wishlist / tujuan yang hendak kamu capai hanya sebagai rutinitas semata ya, karena jika kamu mau belajar dari waktu lalu akan semakin bijaksana dalam menggunakan waktu kedepannya.

“Masa lalu tetaplah masa lalu yang ngga bisa diulang. Tapi, belajarlah dari pengalamanmu karena itu adalah guru terbaik.
Jangan terus mengulang kesalahan yang sama. Selamat Tahun Baru 2019!”

Related Post