Ga Hanya Sekedar Nongkrong, Tapi ….

by Rumah Curhat | 22/10/2018 | Life Tips, Persahabatan

Ga Hanya Sekedar Nongkrong, Tapi ….

Hari Jumat adalah hari yang paling aku nantikan, mau tau kenapa?
Yupz, karena besoknya adalah hari Sabtu dan hal yang paling menyenangkan adalah aku libur kerja. Tapi untuk kalian yang kerja di hari Sabtu, aku ucapin selamat bekerja ya, dan selalu lakukan yang terbaik untuk kesuksesan kalian. Apa kabar nih kalian yang libur di hari Sabtu? Pasti ada yang memanfaatkan hari libur untuk bermanja-manja di kasur sampai siang hari. Kesempatan yang jarang terjadi bukan?Apalagi pada saat hari kerja. Aku suka bangun di siang hari dulu, sebelum aku sadar kalau hal tersebut hanya membuang waktu saja. Daripada aku gunakan hal yang sia-sia, lebih baik aku gunakan untuk merencanakan kegiatan hari Sabtu dan minggu.

Kegiatan yang paling aku nantikan adalah bertemu dengan semua sahabatku. Walaupun tidak semua sahabatku berada di kota yang sama (karena beberapa diantaranya tinggal di kota yang berbeda denganku). Jadi, aku hanya merencakan pertemuan dengan beberapa sahabat yang masih tinggal sekota denganku. Biasanya sih kita merencanakan pertemuan pada hari jumat malam, setelah pulang kerja. Kita berkomunikasi lewat aplikasi WhatsApp, jumat malam dapat dipastikan Hp kita lalu lintasnya padat sekali (hahaha…). Dari mulai pembicaraan topik yang ngga jelas sampai acara untuk hari Sabtu dan Minggu. Lalu pertemuan yang seperti apa sih yang kita lakukan? Kok kesannya resmi banget pake kata “pertemuan”, intinya sih sebenarnya nongkrong bareng. Guys, nongkrong yang kita lakukan itu beda guys, biasanya kan kita nongkrong tanpa ada tujuan yang jelas. Tapi sejak 3 bulan yang lalu kita ubah konsep kita saat nongkrong dan kita membawa misi “belajar hal baru”. Apa saja sih yang kita lakukan saat nongkrong?

  1. Tempat nongkrong selanjutnya
    Menurut kita tempat nongkrong yang paling asik adalah café, selain didukung dengan suasana interior yang santai, tapi juga didukung oleh “live music”. Live music seringkali membuat suasana café lebih hidup karena adanya interaksi antara tamu café dan penyanyi. Biasanya, kita akan nongkrong di café yang cocok dengan suasananya saja. Tapi sejak kita mengemban misi untuk selalu belajar hal baru saat kita nongkrong, kami pun membuat keputusan untuk nongkrong di tempat yang berbeda. Kenapa sih kita melakukan hal ini? Eits, bukan untuk menghamburkan uang lho guys, tapi untuk belajar hal baru dari setiap tempat nongkrong itu. Banyak hal dapat kita pelajari saat nongkrong, misalnya konsep café atau warung kopinya, cara penyajiannya, proses pembayaran, pelayanan, rasa, dan lainnya.
  2. Masalah apa yang sedang kamu hadapi?
    Nongkrong tidak hanya sekedar nongkrong, konsep inilah yang membuat kita ingin bertumbuh bersama sebagai sahabat yang saling menolong. Pertanyaan ini selalu kita bawa dalam tiap pertemuan kita, supaya kita bisa saling mengetahui masalah yang sedang dihadapai sahabat kita. Meletakkan gadget kita masing-masing di tengah meja, agar semuanya dapat saling mengobrol bukan sibuk dengan gadget masing-masing. Awalnya saat beberapa diantara mereka ditanya mengenai masalah pribadi, mereka enggan bercerita. tapi setelah aku memulai untuk bercerita masalah pribadi, lama kelamaan mereka ikut bercerita, dan malah mereka menikmati kita mereka berbagi cerita mereka kepada yang lain. Tidak hanya mendengarkan cerita sahabat kita, kita juga ikut membantu mencari solusi untuk masalah tersebut. Kita merasa lebih baik saat kita berbagi cerita dengan sahabat kita, karena secara tidak langsung kita berbagi beban.
  3. Topik pembicaraan “peluang usaha” selalu kita minati
    Sambil menyelam minum air, begitulah peribahasa yang selalu kita ingat saat nongkrong. Sambil menikmati kebersamaan kita, tapi tidak lupa saling belajar hal baru dari sahabat. Dan topik pembicaraan yang paling kita minati adalah peluang usaha. Salah satu diatanra kita pasti ada yang memulai membahas peluang usaha baru, jadi tiap minggu kita belajar banyak hal dan kita bahas saat nongkrong. Misalnya nih, saat makan siang aku jajan snack yang menurutku unik dan belum banyak dijual, lalu aku bahas secara detail saat nongkrong. Harapan kita sih, siapa tau peluang usaha tersebut dapat menjadi peluang kita untuk mencari tambahan penghasilan.

Guys, yang terakhir adalah kita menjadi diri sendiri saat nongkrong bareng dan menikmati setiap detik pertemuan kita. Semakin hari teknologi semakin berkembang dan kita sebagi manusia seringkali terdistraksi dengannya. Karena itu, nongkrong merupakan salah satu cara yang tepat untuk kembali menumbuhkan rasa kemanusiaan kita kebali jika waktu nongkrong benar-benar dipakai untuk ngobrol bukan sibuk dengan gadget.

Selanjutnya: 3 Manfaat Liburan

“Nongkrong jadi berfaedah kalau yang hadir saling berbicara,
bukan malah sibuk update status dengan gadgetnya masing-masing”

Related Post