Bagaimana rasanya patah hati? Jujur, aku sendiri belum pernah merasakan yang namanya patah hati. Aku belum pernah menjalin sebuah hubungan jadi bagaimana mungkin aku mengalami patah hati. Tapi akhir-akhir ini aku sedang dekat dengan satu orang guys. Dia bukan orang Indonesia. Kami berkenalan melalui sebuah social media chatting yang sudah cukup meluas didunia. Saat itu baru satu hari kami mengobrol tentang hal random lewat sebuah chat. Sampai keesokan harinya dipagi hari ia memberitahuku bahwa ia akan mengganti akun chatting-nya untuk sementara. Aku berpikir it’s okay tidak masalah. Tapi lama kelamaan aku seperti merasa ada yang hilang. Entahlah mungkin karena aku sudah terlanjur nyaman mengobrol dengannya. Apakah itu bisa dikatakan patah hati? Mungkin tidak. Tapi guys menurut kalian patah hati itu sebenarnya baik atau buruk?

Well, patah hati ternyata punya sisi baik lho. Kenapa? Karena dengan patah hati kita dapat belajar dari kesalahan-kesalahan dimasa lalu. Kita dapat memperbaiki sikap kita dalam menjalani sebuah hubungan agar tidak menjadi retak kembali. Selain itu, patah hati juga membuat kita menjadi lebih dewasa dalam menjalani masa depan.
Lalu apa sisi buruk dari patah hati? Patah hati yang terlalu dalam dan berlarut-larut membuat kita lupa akan segala hal. Lupa makan, lupa mandi, lupa berdoa dan lain-lain. Secara tidak sengaja kita telah menyiksa diri kita sendiri guys. Parahnya apabila kita tidak bisa mengatasi perasaan sedih kita karena patah hati. Bisa-bisa kita mengalami depresi dan berakibat kepada kesehatan mental kita. Jangan sampai ya guys! Patah hati juga akan memberikan dampak pada kepribadian kita yang biasanya ceria dan hiperaktif menjadi sering diam dan melamun. Itu juga tidak baik lho guys! Hati-hati kalau sering melamun nanti kesambet lho #ups.

Selanjutnya6 Kerugian Kalau Kamu Ga Mau Move On

Jadi, bagaimana cara kita agar bisa sembuh dari patah hati? Lakukan 6 langkah dibawah ini!

  1. Jujur dengan perasaanmu
    Jangan munafik guys. Patah hati itu identik dengan perasaan sedih yang mendalam. Jangan bohongi perasaanmu sendiri. Luapkan semua emosi dan kekesalanmu terhadap dia yang telah menyakitimu. Karena jika perasaanmu dipendam kemungkinan kecil yang terjadi adalah kamu tidak bisa move on dari dia. Sedangkan kemungkinan terbesarnya kamu bisa mengalami depresi dan mengidap gangguan mental. Semoga tidak ada yang seperti ini diantara kita ya guys. Ingat! Menangis karena sedih boleh-boleh saja tapi jangan sampai lupa waktu. Beri batasan waktu untuk meluapkan semua perasaan kalian, okay. Hmm.. mungkin sekitar sehari atau dua hari, cukup?
  2.  Jangan paksakan dirimu
    Kalau sekiranya kalian masih merasa sedih dan butuh waktu untuk menyendiri kalian boleh melakukannya. Karena jika kalian memaksakan diri berarti kalian tidak menunjukkan diri kalian yang sebenarnya. Kalian berusaha menutupi perasaan sedih kalian dengan berbagai tingkah yang ditujukan untuk menghibur diri kalian sendiri. Kalian menyetujui saat kalian diundang untuk berkumpul dengan teman-teman kampus atau kantor. Dan berusaha untuk tidak mengungkit kabar hubungan kalian yang telah kandas. Alhasil kalian hanya berpura-pura tersenyum dihadapan teman-teman kalian. Lebih baik kalian menolak undangan teman kalian secara halus. Dan beri tahu mereka bahwa dirimu sedang membutuhkan waktu untuk sendiri dulu. Dengan begitu kalian tidak harus berpura-pura kuat dan tegar dihadapan teman-teman kalian.
  3. Bersihkan segala kenangan tentangnya
    Dalam sebuah hubungan pasti diantara keduanya pernah saling memberi. Istilahnya couple things. Atau mungkin bagi kalian yang berkaum hawa pasti pernah dibelikan sebuah boneka oleh pasangan kalian. Simpan semua itu! Usahakan kalian menyimpan semua barang dan kenangan yang berhubungan dengan masa lalu agar bisa move on secepatnya. Ingat simpan semuanya didalam gudang!
  4. Berkumpul dengan keluarga
    Tidak ada salahnya bagi kalian yang sedang patah hati untuk berkumpul dan berbagi cerita dengan keluarga. Keluarga kalian adalah tempat terbaik untuk menceritakan semua keluh kesah hati kalian. Mereka semua akan membantu kalian untuk bangkit kembali dan menghadapi masa depan yang masih panjang.
  5. Melakukan hobi
    Dulu mungkin kalian lebih sering menghabiskan waktu bersama pasangan sehingga tidak memiliki waktu khusus sendiri. Nah, inilah saat yang tepat untuk memanfaatkan waktu sendiri kalian dengan baik. Hobi misalnya. Dengan hobi kalian pasti akan melupakan sedikit demi sedikit rasa patah hati kalian. Melakukan hobi bersama dengan teman-teman kedengarannya juga asyik, pasti jadi sangat ramai dan menyenangkan.
  6. Tetap semangat dan positif thinking
    Setelah melakukan kelima hal diatas yang kalian butuhkan sekarang adalah tetap semangat dan berpikir positif dalam menjalani kehidupan. Semua akan indah pada waktunya. Kalau kalian tidak berhasil membangun sebuah hubungan dengan si dia, percayalah Tuhan pasti akan memberikan penggantinya yang lebih baik. Yang perlu kita lakukan adalah menunggu kapan waktu itu akan datang dan tetap berpikir positif. Semangat guys!

Nah itu dia cara nya agar kita bisa sembuh dari patah hati. Jadi buat kalian yang masih belum bisa move on dari si mantan bisa coba keenam hal diatas. Siapa tahu dalam seminggu kalian sudah lupa pada mantan. Siapa itu mantan? Gakenal tuh hahaha.

”Patah hati itu hal biasa, namanya juga proses untuk menemukan orang yang tepat.
Yang ga biasa itu kalau membiarkan dirimu diperbudak oleh sakitnya patah hati”


banner rumah curhat