Rokok: Benda Kecil yang Mengubah Hidupku

by Rumah Curhat | 17/09/2018 | Life Tips, Life Tips

Rokok: Benda Kecil yang Mengubah Hidupku

“Semuanya berawal dari kata iseng..”

Hei, para cewek! Apa sih tanggapanmu kalau ngelihat cowok yang merokok?
Hei, para cowok! Apa tanggapanmu kalau ngeliat cewek yang merokok?
Siapapun memiliki persepsi berbeda tentang rokok, ngga kecuali kamu yang baca tulisan ini.

Apa yang buat banyak anak muda jaman now kecanduan benda kecil yang satu ini? Banyak yang bilang kalau merokok itu bisa menambah ketampanan seseorang, bisa buat kelihatan lebih cool. Ada juga yang bilang semua masalah itu hilang sehabis ngerokok. Zat nikotin yang ada pada rokok memang membuat kamu sedikit lebih rileks dan santai. Tapi, rokok itu bahaya banget loh buat kesehatan kita (dan akibat merokok sebenarnya juga ada sih di bungkusnya). Selain merugikan diri sendiri, kamu juga ngga sengaja ngerugiin orang lain. Asap rokok yang keluar tentu bahayain kesehatan orang yang ada di sampingmu. Bahkan resiko yang ditganggung oleh si perokok pasif lebih besar dibandingkan si perokok aktif.

Kebiasaan merokok bermula dari kata iseng, coba-coba, atau supaya ngga dianggap remeh sama orang lain. Nah, sebelum mencoba rokok, ini dia 3 hal yang harus kamu tau:

  1. Kondisi Kesehatan
    Zat nikotin yang ada di dalam rokok bisa buat kamu ketagihan lagi dan lagi alias candu. Maka ngga heran kalau orang yang sudah pernah menghisapnya bakalan menghisapnya di kemudian hari. Bahkan kalau udah terlalu kecanduan bisa gila kalau ngga ada rokok. Kamu pasti udah tau kan kalau rokok itu sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama kesehatan paru-paru. Seiring berjalannya waktu, asap rokok bakal nutupin ruang di paru-parumu. Kalau paru-paru udah kotor banget, timbullah penyakit yang berujung pada kematian. Kalau kamu masih mau hidup lama di dunia ini, masih mau bersama-sama dengan orang yang kamu sayang, lebih baik jauhin rokok mulai dari sekarang ya.

Selanjutnya5 Tips Agar Bebas dari Kebiasaan Buruk

  1. Ngabisin Duit
    Kalau yang ini udah ngga perlu ditanya lagi. Ya, rokok itu bisa buat kantongmu jebol. Apalagi bagi kamu yang masih duduk di bangku sekolah. Bayangin deh, kamu belum ngehasilin apa-apa, tapi kamu udah harus buang uangmu untuk sebatang rokok. Rugi ngga sih? Kalau kamu udah terlalu candu rokok, kamu juga bakal ngelakuin hal apa aja buat bisa dapetin sebatang rokok. Termasuk mencuri uang orang tua sendiri. Kalau kamu punya masalah, ngga harus dihilangin pake rokok. Kamu bisa curhat sama temanmu, atau bahkan curhat sama keluarga untuk dapetin solusi terbaik. Selain menambah kedekatanmu dengan orang-orang tercinta, uang di kantongmu juga lebih aman. Atau ngerasa ga ada orang yang bisa dengerin curhatmu, curhat ke kita aja di rumah curhat.
  1. Hubungan Ngga Harmonis
    Siapa sih yang suka kalau pasangannya merokok? Ngga ada, kan? Selain ngga baik untuk kesehatan, ngga bagus juga untuk kantong. Banyak juga hubungan yang kandas di tengah jalan karena rokok. Kalau kamu masih mau bersama-sama dengan si dia, mulailah untuk berhenti merokok. Walaupun sulit, ya dicoba sekuat tenaga. Cobalah untuk mengisi hidupmu dengan kegiatan positif, apalagi kalau ada masalah. Lebih baik meminta pendapat orang lain untuk menyelesaikan setiap masalah daripada ujung-ujungnya harus ke rokok.

Jadi, pilih yang mana? Mau ngejauhin rokok atau masih tetap merokok? Apapun keputusanmu semoga itu yang terbaik. Intinya, jangan pernah menyesal jika gagalnya cita-cita yang kamu impikan dalam hidup sirna hanya karena rasa isengmu pada rokok.

“Berawal dari iseng berakhir dengan kecanduan. Padahal hidupmu itu bukan sebuah keisengan tapi ANUGRAH.
Jadi, masih mau merusak anugrah itu dengan keisenganmu terhadap rokok?” 

Related Post