“Pingin lepas dari kebiasaan buruk tapi kok ya susah sih?”
“Tahu sih, itu ga baik tapi tetep ya Namanya juga manusia”
“Udah berusaha, tapi tetep ga bisa” dan lain sebagainya……

Yap, kira-kira itu kalimat yang dilontarkan saat ditegur untuk lepas dari kebiasaan burukmu. Kebiasaan buruk itu apa sih?
Kebiasaan adalah tindakan konsisten yang dilakukan secara terus menerus hingga membentuk suatu pola di level pikiran bawah sadar, simpelnya ya sesuatu yang kita lakuin secara terus-menerus. Nah, kalau kebiasaan buruk itu ya sesuatu yang kita lakuin yang berdampak negatif bagi si pelakunya bahkan terkadang berdampak juga bagi orang sekitarnya. Contoh: kecanduan pornografi, obat-obatan terlarang / narkoba, merokok dan sebagainya.

Lalu, kalau sudah terlanjur memiliki kebiasaan buruk gimana donk?
Rumah Curhat punya tipsnya untuk kamu:

  1. Niat
    Harus muncul dulu keinginan untuk berubah dan meninggalkan kebiasaan buruk itu. Mau teman, keluarga atau orang sekelilingmu ngasih tips bahkan buku untuk lepas dari kebiasaan buruk sih selagi kamunya memang ga niat berubah maka sia-sia deh.
  2. Tinggalkan
    Setelah niat, kita perlu ambil langkah nyata untuk meningalkan kebiasaan buruk itu. Misal nih, kebiasaan burukmu adalah merokok, ya udah jangan beli rokoknya danbuang rokok yang masih kamu simpan. Kalau alasannya takut diejek temanmu karena ga merokok ya lebih baik ganti teman saja. Karena pergaulan yang baik akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik, begitupun sebaliknya.
  3. Minta dukungan orang terdekatmu untuk ‘menjaga’
    Dalam arti mereka kita butuhkan untuk mengingatkan kita, kalau-kalau kita lupa dan ingin kembali kepada kebiasaan buruk kita lagi. Orang terdekat bisa saja keluargamu ataupun sahabatmu.
  4. Lakukan Hobi atau Hal yang Kamu Sukai
    Entah itu bermusik, fotografi, masak atau mungkin juga olahraga. Selain kamu happy, tubuh kamu juga kan jauh lebih sehat. Karena kan kalau kita stress tubuh kita bisa ikut stress alias sakit juga. Dan dengan melakukan apa yang kamu suka dan tentunya positif, rasanya udah ga ada lagi waktu untuk melakukan kebiasaan burukmu. Boro-boro ngelakuinnya, mikirinnya juga ga sempet.
  5. Perbanyak Ibadah
    Dengan semakin mendekatkan diri kita dengan Tuhan akan membuat kita semakin bijak dalam bertindak. Selain itu, dengan memberikan waktu untuk ibadah semakin kecil kesempatan untuk melakukan kebiasaan buruk itu karena kita semakin memahami bahwa itu tidak ada manfaatnya sama sekali.

Perlu diingat, melepas kebiasaan buruk itu memang ga semudah membaca tulisan ini tapi bukan berarti tidak bisa. Dibutuhkan kemauan dan tindakan yang nyata. Jika kamu bersungguh-sungguh melakukannya maka itu bisa tercapai. Intinya ya kamu mau ninggalin kebiasaan burukmu atau tidak. Kebiasaan itu tercipta karena dilakukan secara terus-menerus, maka untuk mengubahnya harus dilakukan secara terus menerus juga.


banner rumah curhat