Orang Tuaku, Sahabat Terbaik Dari yang Terbaik

by Rumah Curhat | 03/12/2018 | Life Tips, Orang Tua

Orang Tuaku, Sahabat Terbaik Dari yang Terbaik

“Pa, Ma, kalian lebih dari luar biasa”

Pernah ngga sih kamu berantem dengan orang tua?
Cekcok antara orang tua dan anak memang seringkali terjadi. Perbedaan pendapat antara kamu dan orang tua memang ngga bisa dielakkan. Apalagi yang ada hubungannya dengan pacaran.

Orang tua adalah sosok yang mengerti dirimu. Bahkan bisa dibilang, orangtua itu adalah sahabat terbaik dari yang terbaik. Bayangin aja, sejak kamu dilahirkan, mereka udah ada bersama-sama denganmu, mengajarimu tentang banyak hal. Mulai dari berbicara, berjalan, membaca, makan, banyak lagi. Pertengkaran antara kamu dan orang tua ngga seharusnya dijadikan bumerang untuk menjauhkan diri dari mereka. Apalagi kalau kamu sampe tega nyakitin atau buat mereka menangis. Percaya atau ngga, orang tua sangat terpukul ketika kamu membentak mereka. Ketika hubungan kalian menjauh dan ngga akur seperti dulu.

Hmm, sebelum hubungan kamu dan orang tua benar-benar renggang, ayo bertindak. Ada 3 cara yang bisa banget ngembaliin hubungan harmonis kalian berdua. Apa saja itu?

  1. Meminta Maaf
    Meminta maaf adalah jalan terbaik saat kamu dan orang tua bertengkar. Apapun katanya, pertengkaran itu pasti muncul karena sifatmu yang keras kepala dan ingin menang sendiri. Larangan yang diberikan orang tua tentang ini dan itu sebenarnya untuk kebaikanmu. Percaya deh, sebenarnya orang tua lebih tau siapa kamu daripada dirimu sendiri. Apalagi di usiamu yang masih remaja, ada banyak gejolak yang membuatmu seakan-akan ingin hidup bebas. Tapi kamu ngga bisa hidup bebas sebebas-bebasnya. Kalo kamu sampe dilepas sama orang tua, percaya deh kalo hidupmu bakal rusak akibat pergaulan yang salah.
  1. Berjanji Ngga Ngulangin
    Orang tua mana sih yang nyimpan dendam terhadap anaknya? Ngga ada! Permintaan maafmu akan selalu dinilai baik oleh orang tua. Makanya ngga perlu sungkan ya kalo mau minta maaf. Lagian mereka orang tuamu, bahkan kesalahan terbesar yang pernah kamu lakuin juga pasti diampuni. Inilah beda antara orang tua dengan sahabatmu yang lain. Abis minta maaf tuh, bilang ke orang tua kalo kamu ngga bakal ngulangin kesalahan yang sama. Kamu juga harus janji untuk bisa jadi anak yang baik, yang patuh sama perintah mereka.
  1. Bahagiain Mereka
    Di usia kamu yang terbilang masih cukup muda, sangat sulit untuk buat orang tua bahagia. Apa dayamu yang masih berstatus sekolah, terus pengen banget buat mereka bahagia. Eittsss, jangan nyerah dulu dong. Kamu ngga perlu harus beliin mereka baju baru, tas, atau mobil baru ya. Kamu bisa kok buat mereka bahagia dengan hal-hal sederhana. Misalnya aja nih, mau disuruh bersihin rumah, bersikap mandiri, dan ukir prestasi di bidang akademik. Ngga sulit, kan? Kalo kamu berhasil buat orang tua bahagian, dijamin deh umur mereka bakal panjang. Ngga maukan cepat-cepat ditinggal orang tua? Kalo gitu ayo bahagiain orang tua mulai dari sekarang!

Yakin nih bakal ngga mau baikan sama orang tua? Ingat lho, kalo tanpa orang tua, kamu ngga bisa apa-apa.
Kalo kamu butuh sesuatu, mintanya ke siapa? Orang tua, kan? Lakuin 3 cara di atas agar hubungamu dan orang tua kembali harmonis.

Selanjutnya: Sahabat adalah Tempat Sampahku

“Kebaikan seorang ayah lebih tinggi daripada gunung dan kebaikan seorang ibu lebih dalam dari laut.”
– Japanese Proverb –

Related Post