Kamu pasti pernah merasakan yang namanya berantem sama orang tua, itu bukan hal yang salah, malah mungkin sangat normal, apalagi dengan perbedaan generasi yang sudah sangat jauh. Terlebih lagi, dengan kesibukan yang kamu punya di sekolah, kuliah, maupun tempat kerja, menjadi susah buat kamu untuk bisa punya hubungan spesial dengan orang tua.

Nah, memang mengucapkan kata sayang terhadap orang tua itu lebih susah dibandingkan dengan teman apalagi pacar. Tapi bukan berarti ga bisa loh. Malahan, kamu bisa saja mengucapkan sayang sama orang tua dengan perbuatan-perbuatan simpel yang bisa kamu lakukan aja, karena ternyata ada banyak loh yang bisa kamu lakukan untuk membuat mereka merasa disayang. Nah, apa aja sih?

  1. Coba dengarkan orang tua kamu

Yang dimaksud mendengarkan orang tua itu bukan hanya asal mendengarkan loh, tapi coba deh kamu benar-benar mendengarkan ketika mereka bercerita. Itu berarti banget buat mereka. Jangan pegang handphone kamu, jangan liat instagram atau media sosial lainnya. Walaupun mungkin cerita yang mereka sampaikan ga semenarik film series kamu, tapi kamu bakal bikin mereka seneng banget.

  1. Habiskan waktu bersama mereka

Terkadang nih ya, dengan kesibukan yang kita punya, terlebih nongkrong bersama teman dan sibuk dengan dunia kita sendiri, kita jadi sering lupa dengan mereka. Beneran deh, dengan pergi ke mall cuma 2 atau 3 jam aja misalnya bersama orang tua, mereka akan merasa kamu anak yang menghargai mereka. Coba deh iseng, “Ma ke salon bareng yuk,” atau sesimpel “Pah ke mall yuk, ada film yang mau aku tonton.”; Dijamin, mereka akan senyum lebar banget!

  1. Tanya pendapat

Nah, ini juga. Ada kalanya kita tau apa yang kita lakukan terhadap masalah yang kita punya, tapi lupa sama pendapat orang tua. Memang sih, susah untuk mereka bisa mengerti masalah yang kita punya, apalagi dengan perbedaan umur dan generasi. Tapi bertanya pendapat mereka akan membuat mereka merasa dihargai sama kamu, apalagi kalau terkait dengan permasalahan-permasalahan penting yang kamu hadapi.

  1. Beri hadiah-hadiah kecil

Nah ini juga penting nihh. Hadiah ga melulu harus mahal kok, kamu bisa aja membeli coklat yang kamu liat di supermarket dan kasih ke mereka. Itu bisa jadi sebuah tanda bahwa kamu ingat sama mereka pas kamu lagi jalan-jalan. Hayo, orang tua mana yang ga seneng diingat sama anaknya? Apalagi dibeliin makanan kecil? Selain itu, kalau mereka ulang tahun, kamu juga bisa loh kasih surat untuk mereka, biar mereka bisa tau seberapa kamu sayang sama mereka.

Gimana? Setelah tau bahwa kamu bisa mengekspresikan kasih sayang kamu dengan berbagai cara, kamu bakal ngapain? Buat kamu yang sudah melakukan ini semua, lakukan terus yaaa. Dan buat yang belum, semoga kamu bisa melakukan ini pelan-pelan ya. Inget loh, mereka bakal seneng banget! Karena orang tua juga adalah wakil Tuhan di bumi, kita harus menghormati dan menuruti orang tua kita, supaya panjang umur kita.


banner rumah curhat