Tidak peduli seberapa pun berhasilnya kita saat ini, yang pasti kita semua menghadapi yang namanya tantangan. Ga hanya tantangan, bahkan juga pergumulan dan menghadapi kenyataan yang ga sesuai dengan keinginan. Memang, ga ada yang mau punya masalah, mengalami kegagalan apalagi sampai putus asa. Tapi kenyataannya seringkali berbanding terbalik dengan apa yang diharapkan bukan? Dan kenyataan itu tak jarang membuat kita mulai merasa putus asa, menyerah bahkan hilang harapan.

Rasanya lebih mudah memang menasihati orang lain untuk bangkit dari keterpurukannyadaripada menasihati diri sendiri. Bahkan kadang tak jarang kita malah bertingkah layaknya hakim kepada mereka #ngakudeh #canda. Lebih mudah untuk menulis status di media sosial dengan berbagai kalimat inspiratif dan terlihat bijak daripada menerapkannya. Ya karena faktanya, perjalanan hidup tidaklah semudah menasihati orang lain, membaca caption-caption  di Instagram ataupun menulis status di medsos.

Kalau saat ini kamu sedang mengalami hal yang kurang menyenangkan atau mengalami kegagalanentah itu dalam bidang pekerjaan (seperti di phk) atau di dalam study (seperti tinggal kelas mungkin),  jangan terlalu lama merenung dan bersedih terlalu lama. Jangan biarkan langkahmu terhenti begitu lama. Bangkitlah! Ga masalah mau langkahmu itu cepat atau lambat untuk bangkit dari kegagalan atau keterpurukan, yang terpenting teruslah melangkah.

Selanjutnya: Belajar Dari Pengalaman Hidup

Stop untuk membandingkan dirimu dengan orang lain apalagi sampai merasa bahwa langkahmu itu terlalu pelan. Entar bukannya melangkah maju malah mundur saking sibunya ngebandingin diri sendiri dengan orang lain. Lagian kan setiap orang itu punya perjalanannya masing-masing. Yang terpenting itu jangan sampai berhenti – teruslah melangkah.

Jika langkahmu terhenti karena ternyata ada kepahitan yang disembunyikan, yuk lepasin pengampunan. Maafkan orang yang pernah menyakitimu dan maafkan dirimu sendiri. Akan sulit bagi kita melangkah kalau masih ada beban yang ga perlu tapi tetap dibawa, ujung-ujungnya ya jadi capek sendiri.

Kalau hari ini kamu gagal, jatuh, putus asa, ingatlah bahwa masih tetap ada yang namanya HARAPAN. Seringkali saat kita merasa gagal justru potensi diri kita yang sebenarnya akan muncul.

“Dari masa-masa sukarlah kita menemukan seperti apa diri kita yang sebenarnya,
karena itu jangan berhenti tetapi teruslah melangkah.”


banner rumah curhat