Harapan…
Apa yang terlintas di benakmu saat mendengar kata harapan?
Dalam KBBI, harapan itu berarti sesuatu yang diharapkan atau keinginan supaya menjadi kenyataan.

Setiap kita tentu memiliki harapan. Entah itu harapan soal jodoh, keluarga, karir dan sebagainya. Walaupun pada kenyataannya, ga semua harapan itu dapat terwujud. Meskipun demikian, itu bukanlah alasan untuk tak lagi hidup tanpa harapan. Kita tetap harus mempunyai harapan karena harapan memiliki peranan yang sangat penting dalam  kehidupan kita untuk menentukan masa depan kita. Ingatlah bahwa kamu ga bisa maju tanpa harapan. Kamu ga bisa membangun suatu hubungan tanpa harapan untuk memenuhinya. Kamu ga bis a menemukan tujuan hidupmu tanpa harapan. Kamu tidak akan pernah mencapai potensi penuh tanpa harapan.

Harapan akan mendorong seseorang melakukan dengan tujuan yang jelas. Ibarat naik angkutan umum, si penumpangnya tahu tiket jurusan apa yang dibeli meskipun pilihan transportasinya ada banyak. Nah, sedangkan orang yang hidupnya tidak memiliki harapan ibarat orang yang mau naik transportasi umum tapi tanpa arah tujuan yang jelas. Meskipun dia punya cukup uang untuk membeli tiketnya tapi dia hanya akan muter-muter ga jelas karena ga punya tujuan yang pasti, ujung-ujungnya hanya membuang waktu. Orang yang ga punya harapan akan menjalani harinya sebagai rutinitas belaka. Bangun tidur trus mandi trus ke sekolah/kampus/tempat kerja trus pulang lalu tidur dan begitu seterusnya. Ga heran orang tersebut akhirnya mengalami kejenuhan bahkan stres. Kenapa? Karena tidak ada harapan. Harapan itu akan memberikan seseorang semangat dalam menjalani hari-harinya. Bahkan saat mengalami banyak tekanan, dia akan tetap terus mampu berjalan karena dia tahu dia punya harapan dan harapan itu yang memberinya kekuatan melewati fase-fsae sulit tersebut.

Jadi, kalau saat ini apa yang kamu harapkan belum tercapai, jangan berkecil hati apalagi menjadikannya alasan untuk tidak lagi berharap. Justru harusnya yang terjadi sebaliknya, jadikan itu semangat untuk mewujudkannya menjadi kenyataan.  Karena saat kamu melewati tekanan, harapanlah yang akan memberikanmu suntikan semangat. Jadi, kalau kamu hidup tanpa harapan, bisa bayangin donk seperti apa hidupmu?

“Harapan itu bagaikan oase di padang gurun yang menghapus dahaga di tengah kekeringan”

 


banner rumah curhat