Terkadang ada saatnya kita merasa malas dan tidak punya arah dalam hidup. Kadang kita pasti pernah merasakan yang namanya kehilangan motivasi, tidak ada semangat untuk melakukan apapun. Bahkan mungkin kamu juga pernah bangun dari tidur dan tidak ingin pergi kemana-mana karena merasa tak punya motivasi.

Misalnya kamu di sekolah, tempat kuliah, maupun di tempat kerja, kamu merasa gagal dan tidak punya motivasi untuk melanjutkan apa yang kamu punya. Itu hal yang normal, asalkan kamu bisa membangun dan memulai kembali! Memang, acara-acara motivasi yang ada di TV atau internet ada untuk memotivasi kamu, tetapi ada saatnya kamu harus memotivasi diri kamu sendiri loh. Berikut adalah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memotivasi dirimu sendiri:

  1. Mulai bekerja dan beraktivitas
    Menunda-nunda pekerjaan tidak akan membuat motivasi kamu tumbuh. Kamu justru harus memaksa diri kamu untuk mulai bekerja walaupun kamu merasa sangat malas dan tidak punya motivasi. Apalagi kalau pekerjaan yang perlu kamu lakukan memang banyak dan besar, kamu harus memecah tugas yang berat menjadi potongan-potongan kecil sehingga tugas yang akan kamu kerjakan tampak lebih kecil dan sedikit.
  1. Kurangi distraksi
    Media sosial adalah salah satu contoh dari distraksi yang bisa kamu temukan, terlebih kalo kamu sudah ada di kasur dan scrolling instagram, misalnya. Wah, pasti gak akan selesai tuh. Jadi kamu harus kurangi distraksi, mungkin dengan mematikan wifi atau mobile data. Setelah kamu menjauhkan distraksi, kamu harus langsung bekerja di pekerjaan yang perlu kamu lakukan.

Selanjutnya : Cara Ampuh Membunuh Rasa Malas

  1. Menyetel musik yang membuat kamu semangat
    Salah satu cara untuk membuat kamu semangat adalah dengan menyetel lagu yang ceria, lagu yang upbeat sehingga hal ini membantu untuk menyemangati kamu ketika kamu ingin mengerjakan sesuatu. Tapi kalau kamu memang suka terganggu dengan musik, kamu bisa menyetel lagu di saat kamu istirahat dari pekerjaan sekolah atau kuliah yang kamu lakukan.
  1. Bandingkan dirimu dengan dirimu sendiri
    Nah loh, bikin bingung ga nih kalimatnya? Yang dimaksud adalah, misalnya kamu sudah mengerjakan tugas sekolah atau kuliah kamu setelah 1 jam, kamu coba bandingkan deh progress yang kamu lakukan dengan 1 jam yang lalu. Setelah kamu melihat kemajuan yang kamu punya, kamu pasti makin semangat deh!
  1. Ingatkan diri mu mengapa kamu mengerjakan hal ini
    Ketika kamu merasa kehilangan motivasi, salah satu alasannya bisa jadi karena kamu kurang mengingatkan diri kamu kenapa kamu harus melakukan sesuatu. Ingatkan kembali yah, misalnya, kamu harus belajar lebih keras dan lebih lama karena kamu ingin lulus dengan nilai A. Ketika kamu kembali mengingatkan diri kamu kenapa kamu harus melakukan sesuatu, pasti kamu akan bersemangat kembali kok!

Semoga tips di atas dapat banyak membantu kamu ya, terlebih buat kamu yang suka kehilangan motivasi dan jadi tidak produktif. Semoga semakin bisa produktif dan terus mempertahankan motivasimu ya!

“Malas itu kebiasaan untuk istirahat padahal belum lelah”


banner rumah curhat