Berapa banyak akun medsos alias media sosial yang kamu miliki?
Facebook, Twitter, Path, Instagram, Snapchat, Whatsapp, Line, dll.
Mungkin sebagian dari kamu punya semua akun sosial media yang disebutkan sebelumnya. Bahkan mungkin juga ada yang punya lebih dari satu akun dalam satu jenis media sosial yang sama.
Lalu, berapa lama sih waktu yang kamu habiskan untuk melihat akun sosial media kamu? 1jam? 2 jam? 5 jam? Atau jangan-jangan setiap saat #ups

Seringkali kita ga sadar bahwa kita menggunakan sebagian besar waktu kita di sosial media. Entah itu cuma sekedar update status, stalking mantan #ehhh, kepo teman lagi dimana, chatting, dan lain sebagainya. Dan banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa sebenarnya kita sedang kecanduan dengan sosial media.

Bangun pagi bukannya doa dan mandi malah langsung cek notifikasi. Sepanjang hari bolak balik cek hp hanya ingin tahu perkembangan yang terjadi di komunitas kita karena takut dibilang ga update. Atau mungkin juga sebentar- sebentar posting apa yang sedang kita lakukan supaya kita bisa mendapat penerimaan yang dilihat berdasarkan likes atau reshare/repost.

Nah, untuk mengetahui apakah kamu mulai kecanduan dengan media sosial, coba cek 10 pernyataan dibawah ini.
10 pernyataan yang menunjukkan bahwa kamu memang kecanduan medsos.

  1. Bangun tidur langsung membuka medsos, entah itu hanya sekedar mengecek notifikasi ataupun update status
  2. Dapat menghabiskan waktu berjam-jam saat menggunakan medsos
  3. Menjadi orang yang linglung bahkan bingung mau ngapain saat hp atau smartphonemu tidak dibawa karena ga bisa buka medsos
  4. Aktif bahkan ‘inspiratif’ di medsos tapi sangat ‘diam’ di kehidupan nyata
  5. Udah matiin lampu sih karena mau tidur, tapi tetep aja mata ga merem karena masih sibuk cek medsos lewat hp
  6. Setiap ada kesempatan selalu me-refresh timeline dari medsosmu (bahkan saat dosen atau guru nerangin di kelas)
  7. Mudah percaya ‘kabar burung’ yang belum tentu kebenarannya dan ikut-ikutan nge-share di medsosmu
  8. Akun medsosmu harus terlihat ‘sempurna’ agar orang-orang tertarik untuk follow’ atau menjadikan kamu ‘teman’ di media sosial atau agar dapat pujian dari orang lain
  9. Tugas, pekerjaan bahkan waktu tidurmu jadi terbengkalai karena sibuk dengan medsos
  10. Ga ada lagi waktu untuk bersosialisasi di dunia nyata karena terlalu sibuk di dunia online, dan cenderung malam untuk bersosialisasi secara offline. Atau lebih parahnya, kumpul sama temen sih, tapi semua sibuk dengan gadgetnya.

Saya menyukai media sosial , dan saya tidak mengatakan bahwa media sosial itu buruk. Tetapi di sini saya ingin setiap kita betul-betul menyadari bahwa waktu itu sangat berharga dan saya ingin menggunakan setiap waktu yang ada dengan maksimal. Karena yang terjadi kini adalah seringkali kita punya waktu untuk medsos tapi tidak punya waktu untuk melakukan hal yang lebih penting dari pada itu seperti mengejar impian, mengobrol dengan keluarga, menyelesaikan tugas sekolah, melakukan ibadah ataupun berdoa kepada Tuhan.

Karena itu mulai saat ini, coba kita renungkan, tanyakan kepada dirimuĀ , sebenarnya apa yang mau kamu dapatkan saat kamu menggunakan sosial media?
Seharusnya media sosial adalah tempat kita untuk bersosialisasi terutama dengan mereka yang berada jauh dari kita , menyebarkan berita benar bukan hoax, menyebarkan kata-kata positif atau motivasi yang dapat memberikan semangat kepada orang lain bukan malah ikutan “adu debat” disana.

“Kalau kamu tahu media sosial untuk apa dan mengapa kamu menggunakannya, maka caramu menggunakannya pun akan berubah.
Jangan biarkan dunia onlinemu merenggut dunia offlinemu!”


banner rumah curhat