Suka tidak suka kita tinggal di sebuah negara dengan penduduk yang beraneka ragam, baik suku, ras maupun agama. Seharusnya perbedaan itu bukanlah alasan bagi kita untuk membeda-bedakan orang karena Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika yang walaupun berbeda-beda tetap SATU.

Masalahnya, masih ada saja oknum yang kurang menyukai keberagaman dan toleransi yang tercipta didalamnya. Berusaha memecah belah kerukunan bangsa, mengadu domba satu dan lainnya, bahkan mengganggap ideologinya adalah yang terbaik.

Lalu, sebagai generasi penerus bangsa apakah kita hanya diam saja melihat berbagai tindakan intoleran yang terjadi sekitar kita? Haruskah kita ikut untuk membeda-bedakan orang karena berbeda suku, ras dan agama? Tentu tidak bukan?

Lalu, apa yang seharusnya kita lakukan?

  • Pelajari kembali apa itu Dasar Negara Kita alias Pancasila.
    Inget donk bunyi sila-silanya?
    1)Ketuhanan Yang Maha Esa
    2)Kemanusiaan yang adil dan beradab
    3)Persatuan Indonesia
    4)Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
    5)Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  • Stop Penyebaran HOAX dan ujaran kebencian di dunia online.
    Kalau dulu ada istilah mulutmu harimau kalau sekarang sepertinya bukan hanya mulutmu melainkan jarimu. Apapun yang kamu tulis ataupun kamu sebar di dunia maya tentu akan memiliki dampak entah itu positif ataupun negatif. Bahkan kalaupun apa yang kamu tulis di media sosial ataupun membagikan berita di dunia online sudah kamu hapus itu bukan berarti terhapus secara permanen. Mau kamu jadi harus menghadapi masalah karena cepatnya jarimu menulis ujaran yang sarat akan kebencian dan membagikan berita padahal kamu sendiri gat ahu apa itu berita beneran atau hoax? Engga donk. Jadi daripada mengotori medsosmu dengan hal-hal kayak gitu kan mending bikin konten positif atau berbagi informasi yang benar. Kalau kamu dapat bc di chat pribadimu (bbm/line/wa/ dll) jangan terlalu semangat langsung bagiinya ke yang lain, cek dulu itu bener ato hoax. Kalau itu hoax tapi udah terlanjur kamu bagiian giman? Kan sama aja kamu lagi bantu si orang pembuat hoax untuk menebarkan berita bohongnya itu sehingga tujuannya tercapai.
  • Toleransi
    Hargailah orang lain meskipun berbeda denganmu, kasihi sesame, berbuat baiklah serta saling tolong menolong ketika dalam kesusahan. Kita itu manusia yang Tuhan kasih akal, pikiran dan perasaan sehingga dapat memebdakan mana yang baik dan buruk, benar dan salah. So, stop mau diadu domba dengan isu SARA.

Hari ini, dalam memperingati Hari Reformasi, sebagai generasi penerus bangsa mari bangun negeri ini. Belajarlah dari sejarah negri ini, sebab sejarah adalah guru terbaik dalam memberikan pengetahuan yang bermanfaat untuk lebih baik ke depannya. Masih banyak hal yang perlu diperbaiki dalam meraih cita-cita reformasi. Tapi itu sulit tercapai jika kita masih ‘sibuk’ ribut soal SARA. Hargailah perbedaan itu karena kita semua sama, sama-sama Warga Negara Indonesia. AKU HORMATI PERBEDAAN!


banner rumah curhat