Namanya juga hidup, pasti donk ga selalu berjalan mulus. Munculnya berbagai masalah, tekanan pekerjaan, tumpukan tugas rasanya membuat kita mulai kehilangan semangat bahkan stres. Wah, kalau sudah begini senyum pun tak lagi dapat dengan mudah mengembang di wajah kita. Bener ga? #hehehe. Dalam KBBI senyum diartikan sebagai gerak tawa ekspresif yang tidak bersuara untuk menunjukkan rasa senang, gembira, suka, dan sebagainya dengan mengembangkan bibir sedikit.
Padahal, kamu tahu ga sih kalau sebuah senyuman itu mempunyai banyak manfaat!
Ga percaya? Setidaknya ada 9 manfaat kalau kita tersenyum apalagi jika senyuman itu tulus dan keluar dari hatimu.
  1. Senyum akan menenangkan tubuhmu serta menurunkan detak jantung sehingga tekanan darah yang tadinya naik akan turun (bermanfaat banget buat kamu yang memiliki riwayat darah tinggi atau hipertensi.
  2. Senyum dapat menurunkan rasa cemas & stres. Ini karena saat kita tersenyum itu akan membantu kita untuk melepaskan endorfin dalam tubuh sehingga stres dan kecemasan menurun.
  3. Tersenyum dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik. Ini dikarenakan zat endorphin yang keluar dari tubuh.
  4. Tersenyum telah terbukti meningkatkan produktivitas tubuh. Beberapa penelitian menemukan bahwa orang yang sering tersenyum dan bahagia akan cenderung lebih sukses dan produktif.
  5. Tersenyum maupun tertawa dapat mengurangi rasa sakit. Alasannya karena ketika kita tersenyum tubuh akan menghasilkan endorphin, pematik rasa alamiah, dan serotonin. Ketiganya adalah hormon yang bisa mengendalikan atau mengurangi rasa sakit.
  6. Senyum merupakan hal yang menular. Jika kamu tersenyum maka secara sadar ataupun tidak, kamu turut menularkan kebahagiaan bagi mereka yang ada di sekelilingmu.
  7. Senyum membuat awet muda. Sebuah penelitian menunjukkan, orang yang sering tersenyum nampak 3 tahun lebih muda daripada usia yang sebenarnya.
  8. Sering tersenyum membuat seluruh saraf tubuhmu jadi lebih aktif. Karena senyuman menggerakkan banyak otot di wajah. Selain itu tersenyum membuat kamu bernafas lebih dalam, dan mengalirkan lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Darah ini membawa suplai oksigen dan berbagai nutrisi yang penting bagi jaringan tubuh.
  9. Tersenyum dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kajian kedokteran menyebutkan fungsi imun tubuh bekerja maksimal saat seseorang merasa rileks, dan senyum mendatangkan rasa rileks tersebut. Untuk membuktikannya, coba saat lagi kesel kamu melihat wajahmu ke cermin dan tersenyumlah selebar mungkin. Apa yang kamu rasakan? 🙂

Dari uraian tersebut kita dapat melihat begitu banyak manfaat dibalik senyuman. Mother Teresa mengatakan”Everytime you smile at someone, it is an action of LOVE, a gift to that person, a beautiful thing”. Jika sebuah senyuman merupakan salah satu bentuk dari kasih, kenapa kita tidak melakukannya setiap hari? Jadi, sudahkah kamu tersenyum hari ini?

“Tersenyumlah dalam setiap musim hidupmu,
karena sesungguhnya gembira atau sedih adalah keputusan kita sendiri bukan keputusan Tuhan apalagi orang lain”



banner rumah curhat