‘Terima kasih’ adalah kata sederhana yang bermakna besar. Semakin baik lagi jika disertai ketulusan saat mengucapkannya. Beberapa dari kita mengucapkan terima kasih secara tidar sadar saat seseorang melakukan atau memberikan sesuatu untuk kita karena sudah terbiasa diajarkan sejak kecil. Beberapa lagi menganggap ungkapan terima kasih bukanlah hal penting. Seandainya kita lebih peka, kita dapat melihat betapa ungkapan terima kasih memberikan dampak besar bagi diri kita sendiri dan orang lain di sekitar kita. Apalagi mengucapkan terima kasih pada orang tua yang telah membesarkan kita selama ini. Sayangnya, banyak dari kita telah lupa betapa pentingnya mengucapkan terima kasih pada orang tua.

Sebenarnya apa arti mengucapkan terima kasih itu sendiri? Rasa terima kasih berarti kita secara rendah hati sadar bahwa kita adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain dalam hidup kita. Maka pengungkapan rasa terima kasih menjadi bentuk kita menghargai orang yang telah membantu kita. Rasa cinta dan pengorbanan orang tua kita mungkin tak bisa terbayarkan hanya dengan ungkapan terima kasih dari kita. Tapi ungkapan terima kasih sederhana yang tulus dapat sangat menyenangkan orang tua kita.

Mengucapkan terima kasih kepada orang tua itu penting karena orang tua lah yang membawa kita ke dunia ini. Mereka membesarkan dan merawat kita dengan penuh kasih sayang sejak kita kecil hingga dewasa.  Cinta dari orang tua juga tak ada tandingannya. Saat kita sakit, mereka akan terjaga sepanjang malam untuk merawat kita. Jika kita nakal, mereka dengan sabar menasehati kita.

Kita semua tahu bahwa orang tua berkewajiban memenuhi kebutuhan kita sehingga tanpa sadar kita lupa bahwa orang tua juga sangat berhak mendapat ungkapan terima kasih dari kita. Ungkapan terima kasih kita pada orang tua penting karena dengan begitu kita dapat menunjukan rasa bersyukur dan menghargai kita akan keberadaan dan usaha keras mereka untuk merawat kita. Selain itu, bukan kah saat kita melakukan sesuatu untuk orang lain, kita sering kali merasa kesal saat orang itu tak mengucapkan terima kasih? Meski orang tua kita tak pernah merasa kesal dengan kita, tapi ungkapan terima kasih yang tulus tentu dapat mengobati rasa lelah seharian bekerja mereka. Jadi mulai dari sekarang, mari kita biasakan diri untuk mengucapkan terima kasih pada orang tua kita.


banner rumah curhat