Selain kembang api atau pesta semalam suntuk biasanya kalau udah tahun baru banyak orang mikirin apa yang harus dilakukan atau resolusi baru yang pengen di capai di tahun yang baru. Tapi kadang, resolusi atau rencana kayak gitu suka berakhir di ucapan aja, pada prakteknya malah nihil. Jangan-jangan ini juga terjadi sama kamu?

Nah, sekarang udah pertengahan bulan Januari nih, kira-kira gimana resolusi-resolusi atau rencana-rencana mu yang udah kamu atur sedemikian rupa di tahun 2017, udah dilaksanain belum di tahun 2018 ini? Jangan cuma mandek jadi wacana doang ya…

Kali ini Rumah Curhat share tentang tips gimana kita merencanakan resolusi untuk tahun 2018 ini biar gak jadi sebatas wacana aja.

Pertama, planning list. Bikin daftar rencana kamu untuk tahun 2018 ini, telat gapapa, mumpung masih Januari kan? Rencanakan apa yang pengen kamu lakukan dan pengen kamu capai, tapi inget, sesuai dengan porsi dan kemampuan kamu. Berkhayal boleh, tapi perlu inget soal kemampuan diri.

Kedua, flashback mundur ke belakang dan pikirkan resolusi tahun lalu yang belum dicapai, masukkin lagi ke list mu tadi. Mungkin tahun lalu hanya sebatas wacana, atau karena keterbatasan kemampuan, planing mu cuma jadi janji palsu. Ga ada salahnya untuk merencakanannya lagi, siapa tau kamu akan mampu untuk menciptakannya di tahun yang baru.

Ketiga, introspeksi. Ini penting banget buat kamu ketika ingin merencanakan sesuatu yang baru. Kenapa? Jangan sampai kegagalan di tahun yang lalu terulang lagi di tahun yang akan baru. Kamu perlu adanya perencanaan yang matang. Jangan sampai jerih payah dan usaha mu itu jadi sia-sia..

Keempat, konsultasikan dengan orang terdekat mu mengenai rencana apa aja yang cocok buat kamu di tahun baru ini. Saran, masukkan dan kritik yang positif dari orang lain itu sangat penting buat kamu, tentunya dapat membangun kamu untuk jadi pribadi yang lebih baik.

Kelima, komitmen. Ya, komitmen.. Komitmen tu gak cuma soal sama pasangan ya, tapi komitmen juga berlaku untuk diri sendiri. Ketika kamu bisa berkomitmen dengan diri sendiri, maka kamu pun juga dapat berkomitmen dengan orang lain. Kamu perlu bikin komitmen dari daftar rencana resolusi yang udah kamu bikin, ini penting karena satu tahun itu panjang, tapi akan pendek kalo kita nyantai-nyantai doang. Dengan bergulirnya waktu, mungkin kita akan lupa dengan planning yang kita bikin, tapi dengan adanya komitmen, ini ibarat reminders kamu, kamu akan terus inget sama rencana-rencana kamu yang udah kamu bikin.

Keenam, berdoa. Mintalah kepada Tuhan dan doakanlah resolusi mu itu. Perlu diingat, kadang yang kita rencanakan itu emang ga akan berjalan sesuai rencana kita. Mintalah bimbingan dari Tuhan, karena hanya Sang Khalik lah yang tau apa yang cocok buat kamu. Tuhan tahu apa yang kamu inginkan, tapi Tuhan akan lebih memilih memberikan apa yang memang kamu butuhkan.

Itu keenam tips buat kamu untuk merencanakan resolusi yang baik untuk 2018 ini! Sukses ya!


banner rumah curhat