“Life Must Be Happy”

You only live once atau yang sering disingkat dengan YOLO menjadi motto hidup anak jaman sekarang, termasuk kamu yang membaca tulisan ini. Kalau dipikir-pikir, benar juga. Lagian siapa yang bisa hidup dua kali di dunia yang super indah ini?

Dalam kehidupan sehari-hari, kamu tentu mengalami banyak masalah yang sering membuatmu frustasi. Entah itu masalah keluarga, pendidikan, atau bahkan pacar. Banyaknya masalah yang kamu hadapi membuatmu ingin hilang sekejap dari dunia ini. Tapi, kamu bukanlah manusia ajaib yang bisa menghilang dari dunia, terus kembali lagi kapanpun kamu mau. Masalah yang terjadi dalam hidup seringkali terlalu kamu pikirkan. Inilah yang membuatmu menjadi stres. Untuk menghilangkan rasa stres, kamu punya banyak cara untuk mengembalikan kesenanganmu. Diantaranya merokok, pesta, minum alkohol, bahkan pergi ke diskotik.

Pertanyaannya, apakah kegiatan di atas benar-benar membuat masalahmu hilang? Ini dia cara terbaik untuk mengembalikan kebahagiaanmu.

  1. Cari Akar Permasalahan

Setiap masalah yang timbul punya penyebabnya masing-masing. Disinilah kamu perlu menyelidiki apa latar belakang yang menimbulkan masalah tersebut. Apakah itu faktor A, B, atau faktor C? Biasanya besarnya masalah yang kamu hadapin sebanding dengan faktor yang melatarbelakanginya. Daripada kamu stres dan ngelakuin hal-hal yang ngga sepantasnya dilakuin, lebih baik memakai waktumu untuk merenung. Lalu, memutar kembali memori dan ingatan yang menjadi penyebab terjadinya msalah tersebut.

  1. Selesaikan Masalah Secepat Mungkin

Siapa yang ingin hidupnya diisi masalah dan masalah? Pasti tidak ada, kan? Ketika kamu sudah menemukan akar permasalahan, ayo selesaikan masalah tersebut dengan cepat. Gunakan cara terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kalau masalahnya tentang keadaan finansial yang minim, kamu bisa menyikapinya dengan bekerja paruh waktu. Selain menambah pengalaman, kamu juga bisa menghasilkan uang di usia yang masih muda. Ini lebih baik daripada kamu menghabiskan uang untuk hal-hal yang tidak penting dan merusak dirimu, seperti merokok.

  1. Bersikap Positif

Ngga semua penyelesaian masalah berjalan mulus. Ada kalanya kamu menemukan titik penghambat yang membuat prosesnya tidak berjalan sesuai keinginan. Kalau kamu merasakan hal ini, ayo bersikap positif. Ngga semua kegagalan tersebut akan berujung pada kegalgalan lagi dan lagi. Jadikan kegagalanmu dalam memecahkan masalah sebagai cara agar lebih baik lagi di kemudian hari. Kamu pun dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan lebih dewasa.

  1. Jangan Jatuh di Lubang yang Sama

Belajar dari kesalahan itu penting, bahkan teramat penting. Proses pembelajaran ini dapat kamu jadikan sebagai langkah untuk membangun dirimu ke arah yang lebih baik. Ingat ya, jangan sampai jatuh di lubang yang sama. Artinya jangan sampai masalah yang sama terjadi untuk kedua kalinya. Bosan kan kalau harus menyelesaikan masalah yang itu-itu aja? Ganti masalah dong, supaya dirimu bisa lebih dewasa.

Hidup itu harus diisi dengan kesenangan, bukan stres dan kesedihan. Menyelesaikan masalah juga tidak dengan merokok, alkohol, dan pesta. Ada cara positif yang bisa kamu lakukan, yaitu dengan 4 poin di atas. Jadi, kamu pilih yang mana? Menyelesaikan masalah dengan cara positif atau negatif?


banner rumah curhat