Manusia itu adalah makhluk sosial. Karena itulah didalam kehidupan manusia pasti akan membutuhkan sahabat yag baik untuk menjadi rekan untuk berbagi momen di segala suasa di dalam suka maupun duka. Soalnya kalau manusia itu hidup sendiri, kehidupan tu cuma jadi dua warna, hitam dan putih. Tapi kalau manusia itu punya rekan yang bisa jadi sahabat, kehidupan akan punya berjuta warna. Sahabat disini bukan untuk menggantikan posisi kekasih atau pasangan hidup kamu lho!

Saat kamu punya sahabat yang baik, sebenarnya bukan hadiah istmewa, atau materi yang bisa kamu kasih, namun yang sahabat yang baik inginkan adalah kebaikan, ketulusan, pengertian dan kesabaran. Kok gitu? Materi hanyalah bonus sebagai bukti bahwa kamu tulus. Tapi ketulusan tidak hanya dibuktikan dengan pemberian materi aja. Terkadang sahabat juga butuh didengarkan, baik itu senang maupun dalam duka. Jadi kalo kamu punya sahabat, jadi persiapkan waktu dan kesabaran yang cukup untuk mendengarkan segala masalah serta keluh kesah yang mereka rasakan alias jadi temen curhat yang baik.

Sahabat yang baik akan membantu memecahkan permasalahan yang sedang kamu hadapi. Atau mungkin hanya sekedar membicarakan masalah pekerjaan, sekolah, kuliah atau kehidupan yang terjadi di sekitar kamu. Begitu pula dengan sahabat kamu sendiri, mereka juga ingin kamu melakukan hal yang sama. Membagi cerita-cerita yang lucu dan melakukan kegiatan bareng sahabat kamu akan mempererat persahabatan kamu.

Kembali ke soal warna, seorang sahabat yang baik akan memberikan variasi warna yang berwarna-warni kedalam kehidupan kamu. Menghabiskan waktu bersama sahabat akan membuat kamu rileks dari segala kepenatan setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Hal simpel yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah makan malem bareng, atau makan siang bareng pas jam makan siang, atau sekedar beli eskrim pas lagi gabut. Haha. Persahabat mu akan makin menyenangkan dengan meluangkan waktu bersama.

Nah, hal yang paling jitu untuk mempererat kedekatan persahabatan adalah memeberikan kejutan kecil kepada sahabat mu. Mungkin pas sahabat kamu ulang tahun, atau kamu lagi banyak berkat dan rejeki, jadi kamu bisa berbagi dengan sahabat kamu. Kita mungkin ga tau ya, waktu hanya Tuhan yang tau. Kadang kita akan berpisah dengan sahabat kita dengan jarak yang jauh, mungkin kamu harus kuliah di luar kota, atau harus merantau karena pekerjaan. Ini bukan berarti kamu akan melupakan sahabat kamu lo guys. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga persahabat itu tetap utuh dan tetap eksis. Kamu tetap bisa berkomunikasi lewat internet, main skype, telpon ataupun sms. Atau ajak aja sahabat kamu ke tempat tinggal kamu di perantauan. Kalo kamu dan sahabat kamu punya pacar, kan enak, bisa double date?

Banyak hal yang bisa kamu lakukan. Jadilah sahabat yang baik agar kamu juga mendapatkan sahabat yang baik pula.


banner rumah curhat