Setiap orang pasti punya karakter yang berbeda. Dan pastinya kamu juga punya banyak teman yang punya sifat dan karakter yang berbeda dengan diri kamu sendiri. Mungkin ada yang cerewet, pendiam, cuek, egois atau inginnya menang-menangan sendiri, baik hati, pendengar setia, suka marah-marah enggak jelas. Dan pada akhirnya kamu sendiri bingung harus bagaimana menyikapinya atau mungkin kamu memilih untuk menyerah dan hidup sendiri tanpa ada teman.

Kadang kamu ngerasa capek, malas punya teman yang enggak sejalan dengan pikiran kamu. Temanmu yang satu mau sejalan dengan kamu, tapi yang satunya enggak mau dengan alasan-alasan yang bikin kamu jengkel. Manusiawilah kalau kamu merasa jengkel pas kamu ada disituasi kayak gitu. Tapi bagaimanapun teman-teman itu, kamu harus bisa memahami dan berlaku baik dengan teman-temanmu.

Tips kali ini cocok buat kamu yang lagi punya masalah dengan teman-temanmu atau hubungnmu dengan teman-temanmu lagi rusak.

Coba kamu pahami, menurut kamu apa sih arti teman dihidup kamu? Sekedar temankah? Atau hanya pelengkap saja? Atau mungkin kamu punya temen biar sama kayak yang lain, biar enggak kelihatan sendiri? Coba kamu pikir, kalau kamu hidup didunia dan enggak punya teman sama sekali, susah seneng kamu jalani sendiri. Sadarilah, bahwa posisi temanmu didalam hidupmu itu sangat berarti.

Coba kamu berpikir-pikir kembali, saat kamu seneng pasti teman-temanmu juga ngerasain kan? Enggak mungkin teman-temanmu enggak suka lihat kamu bahagia. Trus saat kamu sedih, pasti teman-temanmu adakan? Enggak mungkin mereka cuek sama kamu, teman-temanmu pasti berusaha ngehibur kamu, berusaha ndengerin curhatan dari kamu. Tapi, kadang kamu berpikir kalo teman-temanmu enggak care sama kamu, masa bodoh sama kamu. Coba lihat diri kamu sendiri, sudahkah kamu terbuka dengan mereka? Sudahkah kamu ada buat teman-temanmu? Sudahkah kamu menerima teman-temanmu bagaimanapun mereka?

Kadang yang bikin rusak hubunganmu dengan teman-temanmu adalah kurangnya saling memahami dan saling menyadari. Cobalah dari diri kamu sendiri, mulai merubah sifat-sifat kamu yang sulit menerima perbedaan, enggak terbuka atau sebagainya. Kalau kamu enggak mau berubah maunya gitu terus, lama-lama temanmu sedikit atau yang lebih parah lagi enggak punya teman sama sekali. Karena semua sebenarnya tergantung dari diri kamu sendiri bagaimana.

Perlahan coba kamu mulai membangun lagi hubungan yang sederhana dengan teman-temanmu, cobalah untuk memberikan yang terbaik untuk semaksimalkan mungkin. Dan mulailah kamu memahami teman-temanmu lebih dalam lagi. Saling menyadari kesalahan dan sifat-sifat buruk. Dan yang terpenting kamu harus memaafkan masa lalu teman-temanmu denganmu. Mungkin kamu berpikir kalau teman-temanmu sudah berbeda dengan dulu sebelum hubunganmu rusak. Tapi yang harus kamu tau, enggak ada kata terlambat jika kamu mau berubah dan memulai kembali hubunganmu dengan teman-temanmu dengan lebih baik lagi.

Bagaimana mudahkan? Ayo pahami dan sadarilah arti teman dalam hidupmu dan arti hidupmu dalam hidup teman-temanmu.

Ingat 1 musuh lebih banyak daripada 1000 teman.


banner rumah curhat