Hari ini, salah seorang sahabatku berpamitan untuk pindah ke luar kota karena harus bekerja disana. Sangat hal yang tidak biasa kehilangan sahabat yang biasa mendampingi dan bertemu setiap hari untuk saling berkeluh kesah maupun bermimpi bersama untuk masa depan yang lebih baik. Bagaimana dengan kalian guys, pastinya kalian juga punya sahabat yang setia mendampingi kemanapun dan selalu siap pada situasi apapun. Cerita sahabat kita melengkapi hari – hari kita. Cerita sahabat kita menjadi refleksi diri ketika itu menyangkut kehidupan kita sehari – hari. Menjadi sangat melankolis sekali jika kita mengingat momen – momen indah bersama sahabat kita.

Kita tinggalkan sejenak kegalauanku karena di tinggal sahabat ya guys. Mari kita sedikit menjadi dewasa untuk melihat apasih arti sahabat dalah kehidupan kita. Apasih arti kehidupan yang kita dapatkan ketika kita memiliki seorang sahabat? Jadikan aku sahabatmu guys, karena aku akan memberikan tips menarik bagaimana cerita sahabat membuat kita menjadi pribadi yang lebih dewasa dan lebih peka dalam menemukan arti kehidupan kita.

Berpikir Kritis terhadap apa yang sedang “Booming”

Ketika kita memiliki waktu bersama sahabat kita, ada baiknya kita juga membahas apa yang lagi booming saat ini. Dengan saling memberikan argument tentang apa yang terjadi saat ini, pemikiran kita akan dipacu untuk mempertahankan argument yang kita utarakan. Disitu kita akan terbiasa menilai dan mengkomparasi masalah, berpikir kritis dalam mencari solusi. Dan alangkah baiknya ada aksi nyata dari setiap pembahasan yang kita lakukan. Misalnya, akhir – akhir ini marak berita seseorang kaya dari mengemis, aksi nyata yang dapat di ambil contohnya kita bisa berkomitmet bersama lebih selektif dalam menyalurkan bantuan kita kepada orang – orang yang membutuhkan. Tidak hanya karena kasian pada saat itu, tetapi kita juga berpikir imbas apa yang akan terjadi jika kita memberikan bantuan terhadap mereka.

Belajar kepedulian

Di zaman yang semakin individu seperti saat ini, sangat sulit menemukan pribadi yang benar – benar tulus memberikan bantuan kepada orang lain. Ketika kita merasa ada ikatan batin terhadap sahabat kita, dimana kitapun rela melakukan apapun untuk menolong sahabat kita, rasa empati itu juga bisa bawa untuk kita memecahkan masalah dari orang lain. Karena kita terbiasa untuk melakukan dengan sungguh – sungguh dan secara maksimal, karakter itu juga akan tumbuh di dalam hidup kita dan etos kerja kita.

Lebih peka terhadap segala kondisi

Ketika di lingkungan baru, seringkali kita di tuntut untuk dengan cepat menyesuaikan diri. Kita harus mudah masuk ke lingkungan yang baru dengan cara kita sendiri tanpa harus terpengaruh hal buruk dari lingkungan itu. Kemampuan untuk menyesuaikan diri secara cepat dapat kita latih melalui sahabat kita. Banyak sekali orang yang memilih sahabat karena memiliki kesamaan pemikiran, selera, tujuan hidup. Oleh karena itu kita mudah menganalisa apa yang kita suka dan apa yang tidak kita suka. Alangkah baiknya kita juga bersahabat dengan pribadi yang sama sekali berbeda dengan kita. Dengan mendengar cerita sahabat kita itu, cara pikirnya, melihat seleranya, kita akan berlatih untuk lebih mampu mengenali banyak karakter dan menyesuaikan dengan diri kita karena kita memiliki toleransi terhadap sahabat kita tersebut.

Belajar menganalisa orang – orang besar

Setiap orang pastilah memiliki tujuan hidup yang menjadi arti kehidupan. Begitu pula orang – orang besar yang dengan ide nya merubah dunia. Memberikan andil yang besar demi perkembangan zaman dan lingkungannya. Kita mudah menemukan biodata mereka, hasil karya mereka dari internet maupun toko buku. Sedikit personal, coba kita menempatkan diri kita seperti orang besar tersebut. Kira – kira apa yang sedang mereka rasakan, apa yang mereka pikirkan. Apakah mereka memiliki sahabat dekat. Apakah mereka pernah berkeluh kesah. Pastilah mereka bertumbuh dengan itu semua. Dan kegigihan mereka terhadap hasil karya mereka pastilah di support oleh orang – orang terdekat mereka. Oleh sebab itu mulailah menjadi pribadi yang selalu percaya bahwa orang – orang disekitar kalian, termasuk sahabat kalian mampu membantu kalian menjadi pribadi yang luar biasa. Belajar menghargai meskipun apa yang kalian terima dari sahabat atau orang terdekat kalian itu baik maupun buruk.

Lakukan evaluasi pribadi

Kita sering kali menyalahkan keadaan atas ketidakberuntungan kita, kegagalan kita. Ingat bahwa apa yang kita terima adalah buah dari apa yang kita tabur atau lakukan. Dan siapa yang menilai itu buruk atau baik juga diri kita sendiri. Orang mengatakan itu buruk tetapi kalau kita menilai itu baik, hal itu akan tetap baik di mata kita. Seperti pepatah kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda. Ketika kita mempercayai itu, kita akan menemukan diri kita baik – baik saja. Dan ketika kita merasa tidak cukup baik, kita akan berusaha lebih baik lagi tanpa adanya penyesalan. Dari situlah mental kita diuji agar lebih matang. Sahabat kita akan menilai kita, memberikan kritik dan pujian. Itu akan menjadi motivasi bagi kita untuk lebih percaya diri. Pertanyannya adalah apakah kalian sudah memilih sahabat yang tepat sebagai partner kalian dalam menemukan arti kehidupan ? Coba tanyakan kedalam hati kalian guys.

Demikian sedikit tips yang mungkin bisa menjadi pertimbangan bagaimana kalian belajar bersama sahabat kalian untuk mencari arti kehidupan. Cerita sahabat kalian yang kalian dengar tiap hari apakah mampu menjadi input positif bagi kalian ? Butuh kepekaan untuk melihatnya menjadi sesuatu yang berharga dimana kalian bisa menyaring dan menemukan poin berharga demi bertumbuhnya mental dan karakter kalian. Karena percayalah setiap percakapan memiliki maksut yang tersirat.

Terima kasih atas waktu kalian membaca artikel ini, kalian juga bisa membagikan di akun social kalian, sahabat kalian, orang – orang terdekat kalian dan jangan lupa berikan komentar di kolom komentar jika kalian ingin bertanya tentang arti sahabat dalam proses kehidupan. Salam hangat penuh kasih.

 


banner rumah curhat