Ngomongin tentang cerita kehidupan dan realita yang terjadi memang tidak akan pernah ada habisnya. Banyak hal yang terjadi terduga maupun tidak terduga di dalam kehidupan kita, ya kan?

Tau hewan bernama domba?
Kita tentu ga asing lagi sama film serial yang judulnya Shaun The Sheep yang merupakan cerita kehidupan seekor domba kecil, nakal namun cerdik yang tinggal di sebuah peternakan bersama kawanan domba yang lain. Dan di film itu pikiran kita menyimpulkan bahwa domba adalah hewan yang bodoh. Ya, benar. Domba adalah binatang yang sangat bodoh yang tidak mampu mencari makan/minum sendiri tanpa tuntunan gembalanya, apalagi melindungi dirinya.

Sama halnya dengan manusia, domba adalah makhluk sosial. Dia harus hidup bersama koloni nya. Satu ekor domba akan mengikuti domba lain yang ada di depannya kemanapun mereka pergi.
Karena domba itu adalah hewan yang bad-instruction, kadang suka kesasar sendiri lalu terpisah dari kelompoknya. Trus kalo ada hewan buas datang, si domba cuma bisa pasrah lari sana-sini tanpa tau kemana harus melarikan diri. Dan dari itu semua, sosok gembala memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kawanan domba.

Lalu? Apa hubungannya dengan manusia?
Banyak cerita kehidupan yang bisa dipelajari dari domba lho.
Pertama, manusia adalah makhluk yang lemah, lemah untuk hidup sendiri. Maka dari itu Tuhan menciptakan manusia lain untuk menjadi sahabat satu dengan yang lain.

Manusia itu bodoh. Eits! Jangan emosi dulu.
Manusia perlu yang namanya hikmat dan tuntunan agar mampu menjalani setiap roda kehidupan, dan mengarungi pahit manisnya kehidupan. Setiap agama mengajarkan manusia mengenai aturan dan panduan kehidupan. Memang tidak bisa disangkal, manusia kadang perlu disadarkan oleh nilai-nilai kehidupan yang diajarkan oleh Kitab Suci.

Manusia itu rapuh, manusia butuh gembala!
Bahasanya agak alay ya? Haha. Manusia akan mudah kehilangan arah tanpa ada navigasi yang tepat. Manusia perlu yang namanya tujuan hidup. Visi dan Misi. Manusia butuh Tuhan sebagai juru kemudinya.

Banyak hal yang bisa kita jadikan sebagai inspirator cerita kehidupan kita lho guys. Salah satunya adalah dari hewan bernama domba. Kita mungkin bisa bilang kalau kita mandiri dan independen. Tapi ingat, kita hanyalah manusia biasa. Masalah dan problematika kehidupan yang terjadi pada diri manusia belum tentu bisa beres hanya dengan kekuatan manusia. Ada kuasa yang lebih besar yaitu kekuatan Sang Khalik yang bisa membantu kita mengarungi setiap masalah yang ada pada diri kita.


banner rumah curhat