Waktu luang yang berlebihan bisa menimbulkan rasa malas lho!

Halo guys, kalian pasti ada kan yang merasa ingin jauh-jauh dari rasa malas tapi tetep aja masih ngerasa malas? Hayoo.. ngaku.. Pasti ada, dan itu banyak. Tenang aja guys, ngga cuman kalian kok yang merasa seperti itu, karena aku sendiri sebagai penulis juga dulu sering ngalamin hal-hal yang mengundang rasa malas.

Nah kalau kalian udah sampai ke artikel ini, tandanya kalian sudah ingin berubah menjadi pribadi yang lebih baik guys, kalian pasti juga akan berusaha untuk menghilangkan rasa malas demi menggapai impian dan membuat orang sekitar kalian ngga risih sama kehadiran kalian kan? Kita disini punya beberapa tipsnya loh buat kalian yang serius pengen menghilangkan rasa malas berlebihan. Simak baik-baik ya guys.

  1. Buatlah Target

Membuat target ngga perlu yang muluk-muluk ya guys, seperti misalnya apa yang pengen banget kalian selesaikan di esok hari (tugas sekolah untuk 2 hari lagi, bikin cerpen, bikin artikel atau gambar anime yang kalian suka). Namun menyelesaikan tugas-tugas itu jangan cuman biar selesai aja, buatlah target kapan dia harus selesai dan kalian bisa beralih pada kesibukan lainnya. Karena suatu tugas kalau tidak diberikan target penyelesaian, maka akan senantiasa terus menumpuk dan kalian akan pusing saat semuanya harus selesai secara bersamaan.

 

  1. Jangan Menunda-nunda

Sesungguhnya, pekerjaan akan lebih dekat dengan kata “selesai” ketika anda mengerjakannya mulai dari saat pekerjaan itu diberikan. Analogi tersebut mendorong kita untuk tidak lagi menunda-nunda pekerjaan (tugas, pekerjaan rumah, les, pekerjaan kuliah dan sebagainya). Menunda identic dengan kata meremehkan atau mengulur waktu karena sulit, padahal kenyataannya adalah pekerjaan tersebut akan menjadi jauh lebih sulit ketika pekerjaan tersebut lebih dekat dengan waktu deadline pengumpulan tugas/ pekerjaan karena terlalu lama ditunda.

 

  1. Buatlah Daftar dan Jadwal Harian Milikmu

Terkadang seseorang merasakan malas yang berlebihan karena pada kesehariannya tidak terdapat pekerjaan atau tanggung jawab yang harus segera diselesaikan. Hal ini lah yang akhirnya memicu timbulnya rasa malas. Rasa malas berlebih merupakan penyakit yang berbahaya karena dapat mendarah daging loh guys. Semakin sering kalian bermalas-malasan, semakin melekat juga sifat tersebut pada kita. Tidak ada salahnya untuk mulai bangkit dan menghindari malas dengan cara membuat daftar dan jadwal harian. Kalian bisa mematuhi jadwal kalian sendiri walaupun memang harus dipaksa, mintalah bantuan pada orang terdekat untuk membantumu mematuhi jadwal yang kamu buat.

 

  1. Berilah Motivasi Kepada Diri Sendiri

Camkan kata-kata ini, “Orang Yang Tidak Pintar Tapi Rajin Hidupnya Akan Jauh Lebih Beruntung Dari Pada Orang Pintar Tapi Malas”. Pepatah ini bukan tercipta tanpa dasar ya guys, mereka para orang tua pasti tahu betul karena mereka sudah hidup lebih lama dibandingkan dengan kita. Berilah motivasi-motivasi kecil kepada diri sendiri. Motivasi ini bisa berupa sugesti bahwa kamu bukanlah seorang pemalas, bisa juga dengan mengatakan impian yang ingin kamu gapai berkali-kali didepan kaca, sehingga motivasi tumbuh dari dalam nurani.

 

  1. Jauhi Tempat Nyaman (Zona Nyaman)

Sofa, kursi malas, tempat tidur merupakan tempat-tempat yang harus kalian hindari ya guys. Sebelum waktunya beristirahat, cobalah untuk tidak duduk di tempat-tempat tersebut. Rangsangan malas akan membawamu untuk terus meremehkan beberapa pekerjaan yang seharusnya saat itu kamu selesaikan. Hati-hati ya guys.


banner rumah curhat