Sahabat adalah teman terdekat yang kita miliki. Kita dapat berbagi hal apa pun dengannya tanpa merasa khawatir sedikit pun. Sahabat mengenal kita dengan baik. Bahkan ada yang bilang bahwa sahabat mengenal kita sedikit lebih baik dari diri kita sendiri. Bisa dibayangkan dong, betapa sahabat memegang banyak rahasia tentang diri kita. Dia tahu apa yang kita sukai dan tidak kita sukai. Sahabat juga mengetahui kebiasaan kecil kita, bahkan sifat-sifat kita baik mau pun buruk kita. Tetapi sahabat sejati adalah orang yang akan menyimpan segala rahasia kita dan tetap di sisi kita meski sudah melihat hal buruk dalam diri kita. Maka dari itu, kita bisa mempercayai sahabat dengan rahasia-rahasia kita.

Memiliki sahabat sejati merupakan keberuntungan untuk kita. Di hadapan sahabat, kita dapat menjadi diri kita sendiri tanpa takut dihakimi atau tak disukai. Karena sahabat sejati menerima kita apa adanya dan menghadapi kita dengan penuh kesabaran. Sahabat sejati juga menjaga kita dengan baik. Dia akan menjauhkan kita dari hal buruk dan jika kita melakukan kesalahan, dia akan menasehati kita. Sahabat sejati mungkin akan keras dalam menasehati kita. Kita mungkin tak akan suka atau bahkan sakit hati karena ucapannya. Tetapi itulah sahabat sejati, dia akan melakukan apa pun agar bisa menyadarkanmu. Meski dia sendiri sebenarnya tak tega, tapi karena rasa sayangnya padamu, dia akan tegas menasehatimu. Sahabat sejati juga akan dengan sabar mendengar curhatanmu. Mulai dari candaan tak masuk akal hingga hal serius tentang apa pun. Dia akan mendengarkanmu dan bahkan memberi masukan tentang bagaimana cara menghadapi persoalan tersebut.

Menjaga persahabatan sangatlah penting. Saat merasa begitu beruntung memiliki sahabat sejati, kita juga tak boleh lupa bahwa kita harus menjaganya. Kita juga harus menjadi sahabat sejati yang baik untuk sahabat kita. Seperti yang lakukan selama ini, kita harus bisa merawat dan menjaga dia. Dalam kesusahan, kita harus selalu ada untuk dia dan menolongnya. Sediakanlah  juga waktu untuknya dan dengarkanlah dia ketika dia ingin berbicara. Beri nasihat saat dia sedang menghadapi masalah, namun tetap hormati apa pun keputusannya, bahkan jika itu bertentangan dengan apa yang kalian katakan. Dengan begitu, tak hanya diri kita sendiri, tetapi sahabat kita juga akan merasa sangat beruntung memiliki sahabat seperti diri kita sendiri.


banner rumah curhat