Kami semua tentunya punya pengalaman hidup kan? Selama manusia hidup, tidak akan pernah jauh untuk menciptakan dan merasakan sebuah pengalaman. Dan setiap pengalaman hidup itu selalu menjadi hal yang penting buat kita belajar.

Ada ungkapan Pengalaman hidup adalah guru terbaik. Aku sih setuju guys! Ungkapan ini dapat diartikan sebagai kejadian atau peristiwa yang terjadi pada waktu yang telah lewat yang menimpa diri kita sendiri, kemudian dari peristiwa atau kejadian itu kita jadikan sebagai pelajaran atau peringatan menuju langkah perjalanan hidup berikutnya.
Dalam memaknai ungkapan ini, sudah jelas bahwa kejadian menyenangkan dan tidak menyenangkan itu memang terjadi pada diri kita sendiri bukan atas kejadian atau peristiwa yang menimpa orang lain dan hanya diri kita yang merasakan dan diri kita sendiri yang menanggung akibatnya. Ya, karena setiap orang memiliki pengalaman sendiri-sendiri kan?

Kejadian atau peristiwa tidak menyenangkan itu akan menjadi dasar kita untuk mengambil hikmah bahwa kita harus berhati-hati dalam bertindak dan bertutur kata, merencanakan dengan matang sebelum jauh melangkah dan mempertimbangkan kembali secara cermat. Tanpa perencanaan dan pertimbangan dalam menentukan langkah hidup, maka kemungkinan besar kita akan terjerumus pada kehidupan yang tidak menyenangkan dan keterpurukan. Apabila kita merasa hidup kita sudah bahagia dan baik-baik saja, pasti ada juga pelajaran yang bisa ambil dari sana, kita pasti tahu bahwa apa yang kita lakukan selama ini sudah benar, tapi tetap berusahan lebih baik lagi sehingga hidup kita lebih berkembang.

Nah, bisa kita tarik kesimpulan bahwa kita belajar memaknai hidup dengan mempelajari dan mengambil hikmah dari kejadian atau peristiwa yang menimpa diri kita sendiri. Bila yang menimpa itu sesuatu yang menyenangkan, maka hal itu tidaklah masalah karena telah sesuai dengan apa yang kita harapkan sebelumnya. Akan tetapi bila yang menimpa diri kita adalah sesuatu yang tidak menyenangkan bahkan menyakitkan, maka hal itu akan selalu tertanam dalam benak kita sepanjang kita belum bisa melepaskannya.

Setiap pengalaman baik atau buruk, pasti mengajarkan kita satu hal. Kita harus bisa belajar dari sana, sehingga hidup kita bisa diproses dan di – upgrade ketingkat yang lebih tinggi lagi.

Itulah pentingnya belajar dari pengalaman hidup.


banner rumah curhat