Ketika kecil, tentunya kalian akan lebih mudah menjawab akan menjadi apa kalian di masa yang akan datang kan? Jawabannya pun bukanlah jawaban sistematis yang membutuhkan pemikiran rasional, seperti langsung menjawab ingin menjadi guru, dokter, astronot, dsb. Namun, seiring berjalannya waktu, kalian pasti sadar bahwa impian tersebut ternyata bukanlah suatu hal yang benar-benar ingin kalian gapai. Jika kalian flashback kembali, bisa jadi impian kalian di masa lalu itu merupakan suatu hal yang kalian tiru/ ikuti dari teman-teman atau orang yang kalian idolakan.

Cita-cita? Apa itu cita-cita, Keinginan dan masa depan? Tips untuk kamu yang masih sedang mencari jati diri dan tidak mengerti harus membayangkan masa depan yang bagaimana, saran kami mungkin kalian bisa melakukan beberapa step dibawah ini untuk lebih mengetahui lebih dalam mengenai jati diri kalian. Check it out..

 

  1. Tekuni Saja Hobby Yang Kamu Miliki

Jika kalian merasa sulit untuk bercita-cita bahkan membayangkan ingin menjadi apa nanti kalian di masa mendatang, cobalah untuk menekuni suatu hobby yang kalian miliki. Suatu hobby tentunya bukanlah hal yang terpaksa kalian lakukan karena perintah orang tua ya guys.. Harapannya, setelah kalian menekuni hobby kalian ini, mungkin kalian nanti bisa memiliki pandangan jauh ke depan, berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pandangan sama, dan akhirnya membuatmu semakin bersemangat menggapai target apa yang ingin kamu gapai. Misalnya, kamu suka bermain piano, tekunilah permainan dan hobby tersebut, atau kamu suka bermain gitar, tekuni saja dan tentunya banyaklah belajar dengan komunitas agar pengetahuanmu semakin beragam dan berkembang.

 

  1. Lakukan Apa Yang Kamu Sukai

Tips selanjutnya, kalau kalian belum tahu mengenai hobby kalian, mungkin kalian bisa memulai dengan melakukan berbagai hal yang kalian sukai. Suatu hal yang kalian suka memang belum tentu merupakan hobby yang harus kalian tekuni, namun sesuatu yang kalian sukai ini seringkali akan bisa menuntun kalian untuk menemukan jati diri kalian loh guys. Misalnya saja kalian suka memasak, secara tidak langsung kalian akan dengan suka rela melakukannya dan praktek untuk membuat hal-hal baru yang bukan itu-itu saja kan guys, resep baru, kue baru, dan sebagainya. Nanti lama kelamaan juga akan menjadi hobby yang kamu pupuk sejak dini.

 

  1. Kalau Kamu Enggak Tahu Apa Yang Kamu Suka, Mulailah Dengan Apa Yang Enggak Kamu Suka

Jika 2 tips sebelumnya tidak berhasil membuatmu bisa menuju kearah bertemu jati diri kamu yang sebenarnya, mungkin kalian juga bisa mulai menemukan jati diri dengan cara memulai dari apa yang paling tidak kamu sukai. Ya, benar.. kamu ngga salah baca guys, kebanyakan orang akan penasaran mengenai suatu hal yang dia benci, namun dia dapat berujung sukses di bidang yang dia benci. Mengapa bisa begitu? Nah, hal inilah yang mereka sebut dengan tantangan. Seseorang akan merasa lebih tertantang jika tidak dapat melakukan suatu hal, kamu juga harus memiliki pikiran positif ini ya guys. Misalnya, kalian selalu saja lemah dalam hal pelajaran elektronika, atau juga gagal dalam hal bermain biola.. Perlu kalian tahu guys, banyak orang sukses karena menekuni bidang yang membuat dia penasaran. Tetaplah penasaran, agar jiwa ingin tahu mu semakin meledak. Ketika gagal, coba lagi, cobalah terus berulang-ulang. Secara tidak sadar kamu telah menikmati proses perjalanan untuk suatu hal yang tidak kamu senangi. Keren bukan?

 

  1. Cobalah Untuk Selalu Berinovasi dan Melakukan Hal Yang Baru

Pernah kah kalian mendengar kata monoton? Suka kah kalian dengan suatu hal yang monoton? Hidup yang serba monoton dan flat memang kurang asik dan seru jika dijadikan keseharian. Jika kamu telah mampu melalui poin pertama, kedua dan ketiga, saatnya kamu beranjang ke poin keempat ini. Poin ke empat ini akan mengajarkan pada kalian untuk hidup penuh dengan inovasi. Jika kalian menyukai hobby kalian, melakukan hal-hal yang kalian sukai dengan suka rela, sekarang giliran kalian meningkatkan dan mengembangkannya. Misalnya, jika kamu suka menggambar? Cobalah untuk konsisten melatih lukisan mu dan cobalah untuk memasukkannya ke majalah-majalah, berkolaborasilah dengan temanmu yang suka membuat narasi atau jalan cerita. Jadikan gambarmu sebagai komik, terbitkanlah melalui akun sosial mediamu. Teruslah berkumpul dengan orang-orang yang positif. Tertantang? Menarik bukan?


banner rumah curhat